CARA NIKMAT TEGUK ESPRESSO

“Es-pres-oh” dari cara seseorang melafalkannya saja, seseorang itu bisa dikenali dengan mudah sebagai penikmat espresso sejati.

APA yang membuat sajian espresso begitu fenomenal, cangkirnya yang terlalu kecil, atau cara membuatnya yang terlalu singkat. Tidak lebih dari 1 menit, espresso siap disajikan, dengan warna yang khas serta crema di atas permukaan kopinya.

credit: coolhunting

Kalangan pecinta kopi memafhumi bahwa espresso merupakan karya yang fantastis dari negara Itali. Walaupun sebenarnya kopi bukanlah tanaman asli di negara ini, namun kopi di sini mampu menjadi favorit masyarakat Itali, hingga kini espresso pun menjadi favorit penikmat kopi dunia. Bagaimana awal mula minuman singkat ini tercipta? Beranjak dari pertanyaan bagaimana membuat kopi dengan cepat dan mudah, inilah asal mula kopi ini tercipta. Karena pada masa itu, kebiasan menyeduh kopi yang berkembang masih merepotkan, merebusnya didalam pot yang membutuhkan waktu yang cukup lama.

Luigi Bezzera mencoba menjawab kegelisahan penikmat kopi masa itu, dengan menciptakan mesin kopi pertamanya di tahun 1901. Mesin kopi pertama Luigi cukup sukses menyajikan minuman espresso, dan sangat sempurna mengimbangi tren pizza pie pada abad itu. Luigi mungkin pencipta mesin espresso pertama, tapi siapa sosok yang membuat espresso ini semakin fenomenal hingga kini? Entahlah, cuplikan sejarah tidak menyebutkan secara mendetail, bisa saja sosok itu adalah Desiderio Pavoni. Setelah membeli hak cipta mesin ini dari Luigi di tahun 1902, mesin espresso La Pavoni series muncul di pasaran. Era industrialis, memaksa mereka saling bersaing menciptakan sesuatu yang memiliki banyak manfaat. Cerita yang lain, pada tahun 1950 setelah mesin espresso banyak peminatnya di Itali, Inggris mulai menerapkan ide tersebut dan sukses di tahun-tahun selanjutnya.

Itali menikmati espresso secara cepat, ini merupakan sebuah kebiasaan yang tumbuh dan berkembang di sana, bagaimana dengan Inggris, bagaimana kebiasaan mereka minum espresso? Yang jelas, tiap orang punya cara sendiri menikmati hari mereka; menikmati espresso.

credit: white horse coffee

Tips Minum Espresso

Espresso please | Langkah awal, jangan takut untuk mulai memesan espresso, untuk mereka yang sudah familiar akan espresso, berbeda cara memesannya, cukup dengan “single” atau menyebutkan “double“.

Water first | Biasanya, air mineral adalah sajian sepaket saat menyajikan espresso, gunanya menetralkan lidah bila ada rasa yang singgah.

Push away the crema | Ini bersifat opsional, benar adanya espresso yang sempurna saat crema muncul, terkadang crema lebih tidak bersahabat di lidah untuk beberapa origin tertentu dengan tingkat roasting tertentu. Skim the crema.

Stir | Cendurung mengaduk espresso, agar karakter rasa sempurna dan seimbang. Faktanya profil yang tebal dan sensasi rasa syrup tertimbun di bawah permukaan, dan di bagian atas tidak terlalu tebal, maka perlu mengaduknya rata.

Slurp | Biarkan lidah kamu merasakannya secara menyeluruh, bagaimana karakter rasanya? Seperti apa aftertaste yang tercipta?

Tidak perlu takut akan rasa yang tak bersahabat, untuk pertama mungkin rasa espresso terlalu tidak menyenangkan. Tapi setelah sesapan ke dua dan seterusnya, rasanya mulai nyaman dan cukup bersahabat.

src: thecoffeecompass.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.