CARA NIKMAT SEDUH KOPI DARK ROAST

Kabarnya biji kopi yang disangrai gosong (dark roast) tidak bisa diseduh, karena tidak ada lagi karakter rasa yang tertinggal.

BELAJAR menyangrai biji kopi sendiri di rumah, namun ternyata terlanjur disangrai pada tingkatan dark roast. Atau mungkin kamu dihadiahkan biji kopi dark roast oleh seorang teman roaster, padahal kamu mencintai sajian seduh kopi manual. Jangan khawatir, berikut ini sedikit tips untuk menyeduh kopi dark roast yang katanya kebanyakan orang kurang menarik jika diseduh manual.

Umumnya pecinta kopi lebih memilih kopi yang disangrai medium, karena lebih optimal ketika diseduh manual. Biji kopi dark roast kerap disangrai pada level gelap untuk mendapatkan kesan body yang kuat, untuk sajian kopi susu atau pun menciptakan biji kopi campuran. Tapi bukan berarti biji kopi dark roast tidak bisa diseduh manual dengan hasil yang nikmat. Sedikit tips cara seduh kopi dark roast yang saya temukan dari laman kopi kompas.

SEKILAS TENTANG DARK ROAST
Secara sederhana melihat tingkatan sangrai dari perbedaan warna, secara teknis untuk menciptakan level sangrai roaster akan mempertimbangkan waktu dan suhu panas serta suara retakan (seperti kulit kacang dibuka). Light roast memiliki warna coklat tua, medium roast berwarna ceklat cenderung gelap dan dark roast cenderung berwarna gelap.

Biji kopi dengan tingkat sangrai dark roast dipanggang dalam mesin roasting dengan waktu yang lebih lama dan/atau pada suhu yang lebih tinggi. Karena dipanggang lebih lama, maka tingkat kelembapan pun hampir hilang dan bahkan untuk beberapa situasi kafein yang terkandung tidak terlalu banyak dibandingkan level sangrai lain. Kompleksitas karakter rasa nantinya tidak terlalu jelas, namun bukan berarti hilang seluruhnya.

UKURAN GILINGAN BUBUK KOPI
Sudah pasti perbedaan gilingan di tiap seduh kopi manual akan memberikan perbedaan ekstraksi. Mungkin jika seduh pada rasio yang sama, kopi dark roast disandingkan dengan kopi light atau medium akan terlihat jelas perbedaan rasanya. Maka tidak ada salahnya mencari tingkat gilingan seperti apa yang mampu memaksimalkan ekstraksi kopi dark roast hingga tercipta hasil akhir yang nikmat.

credit: bombora

SUHU AIR YANG TIDAK TERLALU PANAS
Jika suhu air yang direkomendasikan oleh SCA (Specialty Coffee Association) pada 90 – 96C, untuk menyeduh kopi dengan tingkat sangrai light dan medium mungkin akan optimal. Pada konsepnya, jika suhu air seduhan pada tingkat 96C maka kopi medium atau light roast akan cepat mengekstraksi senyawa rasa yang penuh kompleksitas. Hanya saja jika menyeduh kopi dark roast, dengan suhu air 91C cukuplah untuk mengambil karakter rasa yang masih tertinggal di sana. Tapi, ada baiknya jika kamu melakukan eksplorasi pada tiap rentang suhu air seduhan yang digunakan.

credit: jooinn.com

WAKTU SEDUH YANG LEBIH CEPAT
Semakin lama air seduhan menyelami bubuk kopi dark roast, maka rasa kuat yang terkandung ikut terekstraksi. Berbeda jika menggunakan light/medium roast, waktu seduh yang lama dengan rasio yang tepat akan memaksimalkan potensi karakter rasa yang ringat dan manis. Maka lebih baik hindari menyeduh kopi dark roast dengan waktu seduh yang lama, lebih dari 3 menit mungkin akan ada kesan bitter pada hasil kopi yang tercipta. Untuk memanipulasinya, dengan ukuran gilingan, suhu air atau pun kemampuan seduh kopi manual.

Pada akhirnya, sebaik-baiknya saran untuk menyeduh kopi yang nikmat adalah eksplorasi tiada henti. Pernahkah kamu menyeduh kopi dengan menggunakan biji kopi dark roast? Yuk saling berbagi cerita di sini!

sumber
thecoffeecompass.com How to brew dark roast coffee

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.