CARI TAU 3 JENIS GREEN BEAN SACKS

Kopi yang baru di-roast merupakan the best coffee tastes, sebabnya tanggal roasted penting tertera di kantung biji kopi. Benarkah hasil roasting dipengaruhi oleh kondisi green beans.

ROASTER berharap dapat memproduksi biji kopi yang terbaik untuk memenuhi kebutuhan para penikmat kopi, namun apakah green beans yang mereka peroleh sudah pasti dalam kondisi optimal sebelum di-roast. Belum tentu, tidak dapat dijamin secara pasti bahwa kondisi green beans dalam kondisi optimal. Dari coffee farm sememangnya sudah dalam kondisi optimal, tapi setelahnya ada fase lain yang dilalui si green bean sebelum bertemu pada para roaster di seluruh dunia.

Masa penyimpanan dan transportasi tidak bisa dianggap sebelah mata, pasalnya fase ini juga memiliki kontribusi penting terhadap kondisi grean bean yang nantinya akan di-roast. Perlu juga diadakan quality control agar biji kopi tetap dalam keadaan optimal, sehingga saat di-roast juga menghasilkan biji kopi yang nikmat.

Pada fase ini, apa yang sebenarnya mengganggu kondisi grean bean, selain tempat penyimpanan dan metode ekspedisi, kantung penyimpanannya juga berpotensi mengganggu kualitas green bean. Hal ini berkaitan dengan oksidasi alami dari green bean itu sendiri, bagaimana menekan oksidasi agar tidak terjadi kemerosotan rasa yang signifikan. Memilih kantung yang tepat untuk penyimpanan green bean dan juga pengirimannya merupakan cara menekan waktu oksidasi agar tidak berlangsung cepat, memberi waktu lebih lama lagi untuk green bean bertahan. Kantung yang dikenal secara umum adalah Jute Bags, GrainPro Bags dan Sealed Bags, nah berbeda kantung berbeda pula perlakuan mereka terhadap green bean.

credit: village coffee
credit: village coffee

Jute Bags – dikenal juga dengan Burlap/Hessian Sack
Di Indonesia lebih familiar dengan sebutan karung rami, yang mana sering dipakai untuk lomba balap karung tujuh belasan. Pada industri kopi, karung rami sangat banyak sekali dipakai untuk menyimpan/mengirimkan green bean. Walaupun demikian, karung rami kurang dapat melindungi green bean dari kelembapan dan bau. Dua hal itu bisa saja berakibat buruk pada kualitas green bean. Belum lagi jika ada perubahan kelembapan saat pengiriman, karung rami/jute bags kurang mampu mengontrol aktifitas air yang dihasilkan. Sebabnya jute bags harus memiliki standar industri untuk digunakan.

credit: grainpro
credit: grainpro

GrainPro Bags
Pada dasarnya GrainPro adalah plastik kedap udara yang hadir untuk menjawab solusi dari kelemahan kantung rami. Plastik GrainPro dapat mengawal bahaya kelembapan ekstrim dan bau yang mengganggu kualitas green bean. Bedanya GrainPro tidaklah sekuat kantung rami, sehingga dalam aplikasinya GrainPro akan menumpang pada karung rami untuk mengangkut green beans ke banyak daerah kiriman.

credit: GrainPro
credit: GrainPro

Sealed Bags/Vacuum Pack
Era Third Wave Coffee tidak mengherankan jika dibilang perlakuan pada kopi dari hulu ke hilir begitu istimewa. Banyak sekali hal yang perlu dikawal agar menjaga kualitas kopi, sealed bags salah satu bentuk perlakuan istimewa. Sealed bags hanya bisa diproses menggunakan mesin airtight, yang nantinya mengeluarkan udara pada green bean dan menyusun green bean secara padat.

Umumnya ukuran kantung di seluruh dunia sekitar 60 kg, namun di beberapa negara ada juga standar kantung mereka 70 kg seperti Colombia dan Bolivia. Sampai sekarang yang banyak digunakan untuk menjaga single origin mereka, menggunakan GrainPro Bags dan dilindungi dengan kantung rami.

src: lyndonscoffee.com img: laman pencari

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.