CASCARA, TEH ATAU KOPI?

Cascara bukanlah nama baru di industri kopi dan teh. Benda yang diseduh dan memberi rasa segar pada tiap tegukan ini masih sering diperdebatkan sebagai teh atau kopi. Menurutmu bagaimana?

CASCARA adalah sebuah benda yang diolah menjadi minuman. Cascara sendiri berasal dari kulit ceri kopi yang dikeringkan dan diolah sedemikian rupa sehingga bisa dinikmati dengan berbagai cara. Umumnya cascara diseduh seperti teh. Dengan air hangat dengan suhu tinggi dan diseruput layaknya teh dan kopi.

Namun di beberapa tempat carcara diolah menjadi minuman yang lebih variatif semacam mocktail dan cocktail. Rasa cascara yang umumnya fruity dan segar dinilai cocok menjadi campuran minuman alkohol dan soda.

credit: ineedcoffee.com

Namun bukan permasalahan rasa yang ingin dibahas di sini. Namun apakah cascara masuk ke dalam golongan teh atau kopi? Jika dimasukkan pada golongan teh, cascara justru tak ada mengandung tanaman teh. Cascara justru berasal dari tanaman kopi walaupun rasanya tak ada kopi-kopinya sama sekali.

Menurut asal mula tanaman cascara memang tanaman kopi. Tapi jika dirunut dari cara penyeduhan dan rasa, cascara adalah termasuk minuman teh. Kopi umumnya harus berasal dari biji. Kopi adalah biji yang disangrai, dihaluskan dan diseduh. Sedang cascara adalah kulit yang dikeringkan lalu diseduh.

Kalau kamu ingat-ingat, macam-macam teh yang ada di dunia ini umumnya berasal dari tanaman teh itu sendiri, daun-daunan, buah, bunga bahkan kulit. Cascara masuk ke dalam golongan kulit buah. Dan itu yang menjelaskan secara sah bahwa dia adalah teh!

Dari beberapa koresponden yang kami tanya juga sebagian besar menjawab bahwa cascara adalah teh meski berasal dari tanaman kopi. Kami sendiri sangat menikmati cascara yang diseduh layaknya teh. Meskipun menurut pendapat kami tidak semua ceri kopi kulitnya enak dijadikan cascara.

Jadi menurut kalian apakah cascara itu teh atau kopi? Kami perlu pendapat lagi agar keseruan soal cascara ini semakin sedap sesedap rasanya. Ditunggu komentar dan opini tentang cascara ini di kolom komentar ya!

 

Foto utama dari  freshcup.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.