CETHE : SENI MELUKIS ROKOK DENGAN KOPI

Tak hanya kanvas yang belakangan dijadikan media untuk melukis dengan ampas kopi. Rokok juga bisa dijadika media lukis yang ternyata telah ada sejak bertahun-tahun lalu.

SAYA sendiri pernah melihat seorang kenalan melakukan nyethe atau kegiatan melukis kopi pada rokok. Meski pada saat itu yang hadir bukanlah lukisan yang indah, melainkan tumpukan ampas kopi yang berfungsi untuk mengeluarkan aroma nikmat pada saat menikmati rokok. Ternyata, cethe ini memang telah ada sejak lama, merupakan tradisi bagi masyarakat di Jawa Timur khususnya Malang, Gresik, Tulungagung dan sekitarnya.

youtube.com
youtube.com

Karena bukanlah kegiatan yang baru dicetuskan begitu saja, cethe ini rupanya telah melekat di masyarakat khususnya mereka yang gemar menikmati kopi dan rokok. Tidak diketahui secara pasti siapa yang pertama kali menemukan atau menciptakan kegiatan nyethe ini, yang jelas dari dulu hingga sekarang masih banyak orang yang melakukannya. Nyethe ternyata dilakukan dengan beberapa motivasi. Ada yang melukis rokoknya karena memang menginginkan aroma kopi yang harum pada saat rokok dihisap. Ada yang memang gemar dengan yang namanya seni sehingga rela menghabiskan waktu untuk melukis rokok dengan kopi. Tapi apapun motivasinya semuanya tetap berpulang pada kenikmatan aroma kopi yang keluar bersama rokok.

Credit by heartofdesaigner.blogspot.com
Credit by heartofdesaigner.blogspot.com

Lalu apakah ada syarat khusus kopi apa atau rokok apa yang bisa dipakai untuk nyethe? Jawabannya tidak ada. Semua jenis rokok bisa menjadi media nyethe baik itu kretek ataupun filter. Begitu juga untuk jenis kopinya. Semua kopi bisa dijadikan ‘alat lukis’ cethe karena yang diperlukan adalah ampas kopinya saja. Jadi jika kamu minum kopi tubruk yang berampas (apapun jenis kopinya baik arabika ataupun robusta), ampas kopinya bisa dijadikan alat untuk melukis rokok.

Credit : heartofdesaigner.blogspot.com
Credit : heartofdesaigner.blogspot.com

Namun, tidak hanya ampas kopi saja bahan yang diperlukan untuk membuat ‘tinta kopi’ untuk melukis rokok ini. Diperlukan susu kental manis sebagai adonannya. Cara membuatnya adalah ambil sisa ampas kopimu dan letakkan tisu di atasnnya hingga air pada ampas meresap. Setelah itu campurkan dengan susu kental manis agar adonannya bisa dipakai melukis. Aduk rata dan siap untuk dipakai. Kamu bisa membuat beragam motif di atas rokokmu. Mulai dari batik hingga motif-motif seperti nama dan gambar manusia. Selamat mencoba ya!

Foto utama dari komunitaskretek.or.id

 single-origin kopi

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments
  1. Di kota kelahiran saya di kecamatan Lasem, kabupaten Rembang, Jawa Tengah (yang terkenal dengan batik tulis-nya), seni melukis di rokok disebut nglelet atau kopi lelet..

    Untuk sedikit tambahan, kopi yang digunakan semua jenis kopi, hanya proses selep / menghaluskan biji kopi dilakukan hingga 4 sampai 5 kali sehingga serbuk kopi menjadi sangat halus, jadi memudahkan dipakai untuk melukis di rokok..

    Selamat nyuput kopi ^^v

Leave a Reply

Your email address will not be published.