Chemex – Paper Filter Coffeemaker

Chemex, Alat Seduh untuk Kopi Anda

Bagi para pecinta kopi, membuat kopi sendiri di rumah merupakan hal yang menyenangkan. Peralatan  yang mendukung pasti membuat Anda lebih nyaman membuat kopi sendiri di rumah. Chemex adalah salah satu alat yang bisa Anda gunakan untuk melengkapi peralatan untuk membuat kopi di rumah Anda. Alat tersebut merupakan salah satu alat yang digunakan untuk menyeduh kopi yang diinginkan. Alat untuk menyeduh kopi ini merupakan alat yang digunakan oleh para pecinta kopi di Amerika dan kini memasuki masa kepopulerannya. Alat ini sendiri pertama kali dikenalkan pada tahun 1940-an. Sementara di Indonesia, alat ini mulai dikenal masyarakat Indonesia pada tahun 2011.

Alat ini berbahan dasar gelas kaca dengan bentuk menyerupai jam pasir atau bentuk ‘X’ dengan dilengkapi pegangan yang berbahan kayu asli pada bagian tengah dari alat seduh tersebut. Desain dari alat seduh ini bisa dikatakan memiliki desain klasik.

Alat penyeduh kopi ini merupakan alat penyeduh yang mendahului metode  pour over dan menjadi idaman  bagi para pecinta kopi di Amerika. Alat seduh ini memiliki kekuatan tersendiri yang mana alat ini mampu menghasilkan seduhan kopi yang dapat memanjakan para peminumnya. Hal tersebut dikarenan kopi yang dihasilkan memiliki karakter yang kuat, aroma yang pekat, aciddity dan rasa manis semakain jelas ketika seduhan kopi tersebut dicecap. Hal inilah yang menjadikan alat seduh kopi yang pertama kali dikenalkan di Amerika memiliki tempat tersendiri di hati para pecinta kopi, salah satunya bagi para pecinta kopi di Indonesia.

Bentuk yang unik dari alat untuk menyeduh kopi ini, desain yang elegan dan ergonomis menjadikan produk ini sangat cocok untuk dikoleksi.

Pada dasarnya sistem kerja pada alat untuk menyeduh kopi ini menggunakan metode drip. Metode drip ini sama halnya seperti cara penyeduhan dan penuangan yang digunakan pada filter kerucut pour over. Meskipun sistemnya sama seperti pour over, sang pencipta produk ini yaitu Peter Schlumbohn yang telah melakukan riset berulang-ulang pada produk ciptaannya tersebut menyatakan bahwa alat tersebut memiliki perbedaan dengan alat pour over  yang telah populer sebelumnya. Karena menyeduh kopi dengan menggunakan alat ini akan menghasilkan hasil seduhan kopi yang pekat dan kaya rasa rasa.

Selain itu, Peter juga menyatakan bahwa itu (hasil seduhan kopinya) tidak pernah pahit. Meskipun demikian, klaim dari pencipta alat penyeduh kopi yang berbentuk menyerupai jam pasir ini memang tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah juga. Rasa kopi yang nikmat dan aroma yang menggoda tergantung pada kualitas kopi itu sendiri, kemudian temperatur air serta alat giling kopi yang tepat merupakan hal atau variabel yang sangat penting. Sementara alat seduh yang digunakan hanya memberi presentasi kecil pada kenikmatan yang dihasilkan dari kopi itu sendiri.

Cara Menggunakan Chemex untuk Menyeduh Kopi

Rasio yang akan digunakan adalah perbandingan 1/14. Hal ini dilakukan untuk memudahkan dalam pembuatan kopi tersebut. perbandingan tersebut terdiri dari 1 gram kopi untuk 14 ml air atau 10 gram kopi untuk satu cangkir. Berikut cara menggunakan Chemex Coffee Maker:

  • Langkah pertama yang dilakukan adalah melipat kertas filter yang akan digunakan.


Chemex paper filter

  • Kopi digiling 25 gram dengan ukuran medium ke kasar pada grinder. Bila kopi terlalu pekat karena ekstrasi yang terlalu lama, maka Anda hanya perlu mengubahnya lagi menjadi ukuran yang lebih kasar dari sebelumnya.
  • Air dipanaskan hingga 90 derajat Celcius, setelah air dipanaskan, kertas filter dibasahi dengan air panas tersebut. Hal ini dilakukan untuk mengurangi aroma pada kertas filter dan memanaskan wadah Chemex. Air diaduk dan dibuang.

  • Kopi yang sudah ditakar dimasukkan ke atas kertas filter tadi.

  • Atur timbangan pada angka 0 dan mulai menuang air sebanyak 50 ml dengan gerakan melingkar, diamkan selama 30 detik, kopi akan blooming atau megembang.

  • Setelah 30 detik, tuang air sebanyak 50 ml, hingga berat mencapai 100 ml, diamkan sampai menit ke 01:00

  • Langkah selanjutnya adalah menuangkan air kembali secara melingkar, ulangi beberapa kali hingga mencapai 350 ml dan waktu ekstraksi 03:30 sampai 04:00 menit.

  • Buanglah kertas filter yang berisi ampas kopi, lalu aduk wadah Chemex supaya hasil kopi merata.

  • Enjoy your coffee.

Demikian sekilas tentang chemex dan bagaimana cara menyeduh kopi menggunakan alat tersebut.
Untuk takaran ratio kopi dan air tidak ada standart baku, semua tergantung selera masing-masing dan Anda bebas berekperimen sesuai selera.

beli-kopi

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.