COFFEE ICE CUBE; BAGAIMANA CARA MEMBUATNYA?

Coffee Ice Cubes seperti menambah perbendaharaan dalam dunia kopi. Coffee Ice Cubes berikan sensasi lebih pada sajian minuman Iced Coffee.

Bagaimana menurut kamu tentang coffee ice cube yang sering dibicarakan pada obrolan-obrolan singkat di sudut-sudut kota; di kedai-kedai kopi ternama. Mungkin kesannya terlalu istimewa hanya untuk menyajikan secangkir kopi dingin menggunakan kopi yang dibekukan, apa bedanya ice cube biasa dengan coffee ice cube?

Berbicara tentang iced coffee, mereka yang sangat familiar dengan rasa iced coffee, pasti akan memilih menggunakan coffee ice cube untuk iced coffee mereka daripada ice cube biasa. Iced coffee dengan ice cube biasa akan terasa nikmat hanya sementara, tidak sampai akhir. Mengapa demikian? Jika iced coffee dengan ice cube biasa tidak langsung diminum sampai habis, ice cube akan mencair dan akan menambah air ke secangkir iced coffee kamu. Rasa iced coffee kamu menjadi tidak konsisten, tidak lagi sama seperti dari awal pertama kopi disajikan.

Coffee ice cubes menambah rasa iced coffee

Secangkir Iced Coffee dengan potongan coffee ice cube menjadikan rasa kopi lebih konsisten sampai akhir. Karena, walaupun ice cube mencair, cairan itu adalah kopi yang dibekukan, sehingga rasa kopi masih tetap sama. Fungsi coffee ice cubes di sini tidak hanya untuk menjaga kopi tetap dalam suhu yang dingin, tapi juga menjaga rasa iced coffee.

Untuk rasio kopi saat membuat coffee ice cube pasti berbeda-beda, cobalah rasio kopi kamu sendiri, temukan rasio yang tepat untuk resep iced coffee kamu. Ada beberapa tips langkah untuk membuat coffee ice cubes.

1912com
credit: 1912pike

Brew coffee. Untuk membuat kopi yang akan dibekukan, beberapa orang memilih menggunakan French Press agar lebih mengeluarkan acidity yang diinginkan dari si kopi. Kopi yang akan diseduh umumnya menggunakan rasio lebih banyak dari rasio biasa yang dipakai untuk menyajikan hot coffee. Ada yang menyeduhnya dengan air suhu normal tidak menggunakan air panas, ada juga yang menggunakan air panas kemudian menunggu suhu coffee mulai bersahabat untuk dibekukan.

Ice cube tray. Merasa suhu sudah nyaman untuk dibekukan, tuang kopi ke ice cube tray lalu masukkan ke dalam freezer. Biarkan kopi tersebut beku selanjutnya kamu dapat menyajikan ice coffee dengan sensasi rasa kopi yang konsisten.

1912com2
credit: 1912pike

Frozen coffee cube. Untuk memastikan kopi yang dibekukan sudah siap untuk dihidangkan, sebaiknya coffee ice cube tidak lebih dari 2 minggu untuk disajikan bersama ice coffee. Biasanya jika lebih 2 minggu, freezer akan mengeluarkan bunga es yang berlebih dan akan melekat di tray juga di ice cube.

Serve the iced coffee. Selanjutkan, jika coffee ice cubes yang dibuat udah beku seperti yang diinginkan, mulailah eksplorasi bagi barista yang ingin mencoba resep ice coffee baru mereka. Rasakan bagaimana beda ketika ice cube biasa diganti dengan coffee ice cubes.

Ekspresikan secangkir sajian iced kopi kamu dengan coffee ice cubes.

src: 1912pike.com lifehacker.com

4 Comments
  1. Min, saya mau nanya nih. Dimisalkan saya bikin coffee ice cube nya itu (sebutlah) Kerinci, nerarti seduhan kopi nya pun harus kerinci juga dong atau gimana?

Leave a Reply

Your email address will not be published.