COFFEE MASTER : KOMIK SERU TENTANG KOPI

Belajar tentang kopi bisa dari mana saja, salah satunya dari sebuah komik karya Yukie Fukuda bernama Coffee Master.

AWALNYA saya  tidak tahu bahwa ada komik tentang kopi yang diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia dan diterbitkan oleh penerbit Elex Media Komputindo. Adalah seorang teman yang mengunggah dan mengulas komik ini di media sosial beberapa bulan lalu. Coffee Master bukanlah komik baru, maka untuk menemukannya pun susah-susah gampang.

Untunglah di sebuah toko buku terbesar di Indonesia masih tersedia. Awalnya hanya tersedia seri 1 – 4 dan tiga bulan setelahnya ada seri 5. Komik ini begitu istimewa untuk saya yang tidak pembaca komik tapi mencintai kopi. Komik ini bercerita tentang sekelompok orang yang bekerja di perusahaan minuman dan ingin menciptakan sebuah produk kopi mutakhir. Tapi berujung menjadi sebuah pertandingan siapa yang bisa menciptakan kopi paling enak.

Di sela-sela menuju ‘pertandingan’ itu, mereka melakukan perjalanan ke berbagai negara demi menemukan kopi terbaik. Pun mencari barista terhebat yang bisa meracik kopi dengan pour over. Saat pencarian kopi inilah disisipkan pengetahuan tentang kopi yang sangat mudah dimengerti dan begitu menyenangkan karena menggunakan bahasa komik yang fun. 

Tak hanya perihal dasar-dasar ilmu kopi, pada Coffee Master dijelaskan tentang kebun kopi, hama kopi, bahkan cita-rasa dan bagaimana cara meracik yang benar. Komik ini harusnya dibaca mereka, para pemula yang ingin mendalami dunia kopi karena menggunakan bahasa yang sangat ringan.

Tak hanya penuh pengetahuan kopi, komik ini tentu terselip banyak keseruan dan kekocakan antar tokohnya. Mulai dari tokoh utama Hanayama yang tidak bisa minum kopi yang tidak enak, sampai dengan kekonyolan anggota tim kerja yang ada-ada saja tingkahnya.

Untuk saya kemunculan Coffee Master sangat tepat sekali momennya. Di saat orang-orang menggilai kopi spesialti, komik ini menambah khasanah dan keseruan yang peka zaman. Meski hanya komik, Coffee Master mengandung ilmu dan meski mengandung ilmu, sisi kekomikan pada komik ini tidak sirna begitu saja. Sebuah peleburan komik dan kopi yang begitu asyik. Ya, setidaknya untuk saya.

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.