COFFEE PAIRING; MEMADUKAN SAJIAN KOPI DENGAN COKLAT

Tren coffee pairing bukan hal baru lagi, kedai kopi di beberapa negara sudah akrab menyajikan kopi bersama menu makanan. Apakah kopi dan coklat bersahabat?

MEMILIH coklat untuk dipadukan dengan kopi bukan tentang intuisi atau keberuntungan, bisa dibilang memasang kopi dengan makanan adalah eksperimen rasa, banyak pendekatan yang perlu diperhitungkan. Dalam menggabungkan makanan untuk disajikan bersamaan secangkir kopi, ada baiknya memilih makanan yang tidak meredam karakter rasa dari si kopi. Di lain kesempatan otten juga pernah mengulas tentang bagaimana tips mencari makanan yang sesuai untuk si kopi. Di awal harus mengetahui bagaimana karakter si biji kopi, apakah pada tingkat sangrai light, medium atau dark roast. Berbeda proses roasting pastinya juga berbeda karakter dari si biji kopi. Namun tidak itu saja, single origin di berbagai daerah juga punya karakter khas tersendiri. Light roast origin asal Indonesia pasti berbeda dengan light roast asal Brazil, maka sebelum mencari makanan yang sesuai, harus benar-benar mengetahui karakter dari si kopi.

credit: bakingdom.com

Lalu, apakah kopi bisa dipasangkan dengan coklat? Setelah mengindentifikasi karakter rasa dari si kopi, langkah selanjutnya menyelaraskannya dengan makanan, dalam hal ini makanan yang terbuat dari coklat, atau coklat bar. Bagaimana sebenarnya karakter rasa dari coklat. Coklat sama halnya dengan kopi, punya kompliksitas rasa yang perlu diperhitungkan sebelum menyelaraskan sajian. Jika pendekatan teorinya, kopi medium roast adalah kopi yang serasi untuk disajikan dengan menu coklat. Namun tidak selamanya tingkat roasting menjadi acuan, berikut rekomendasi tipe coklat atau makanan yang berbahan dasar dari coklat, yang sesuai untuk sajian kopi.

Brownies | Kopi asal Indonesia atau Guatemala sesuai untuk disajikan dengan dark chocolate brownies, karakter body yang penuh merupakan sajian serasi.

Kue Coklat | Serasi dipadukan dengan kopi arabika di hampir semua origin, misalkan saja kopi Colombia yang aromatik dan memiliki karakter rasa yang lembut, akan menambah kesempurnaan rasa disandingkan dengan kue coklat.

Buah Dengan Toping Coklat | Buah yang dicelupkan ke coklat, biasanya disajikan di beberapa negara pesisir pantai, karena cuaca yang eksotis maka buah dan coklat menjadi sajian nikmat. Bukan berarti tidak mungkin untuk disajikan dengan kopi, kamu bisa mencobanya dengan kopi asal Afrika.

credit: cookthestory.com

Dark Chocolate | Dark chocolate bar lebih serasi disandingkan dengan kopi asal Indonesia, Brazil, Ethiopia, Guatemala dan jenis kopi pada proses dark roast.

Milk Chocolate | Untuk Milk Chocolate bar sejatinya merupakan paduan susu dan coklat, tidak semua kopi akan sesuai dengan coklat bar ini. Tapi kamu bisa mencobanya dengan menyandingkan kopi asal Colombia, Kenya, Sumatra, Yemen, Ethiopia dan Kona.

White Chocolate | White chocolate bar akan lebih istimewa bila disandingkan dengan kopi asal Colombia, Costa Rica dan Yemen karena memiliki karakter rasa yang mampu menyeimbangi rasa white chocolate.

Bagaimana dengan coffee pairing kamu, pernahkah punya pengalaman saat ekspresimen rasa antara kopi dan coklat?

src: thespruce.com img: flick

 

5,272 total views, 6 views today

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.