COFFEE PAIRING; TIPS MENYAJIKAN KOPI BERSAMA MAKANAN

Benarkah menyajikan makanan akan membuat karakter rasa kopi membingungkan, apakah kopi dan makanan tidak bisa disajikan bersama.

JIKA makanan tidak bisa disandingkan dengan kopi, mungkin sejarah perkembangan kopi yang tumbuh di masyarakat dunia adalah sebuah hal yang keliru. Telah lama dan menjadi tren di Ethiopia, seremonial minum kopi di sana dipasangkan dengan cemilan popcorn, kacang-kacangan, dan sepertinya sangat menyenangkan. Di Swedia tren minum kopi “fika” dinikmati bersama dengan kue kering. Dari perkembangannya, bukan mustahil menikmati kopi bersamaan dengan makanan, namun makanan yang bagaimana yang serasi disajikan bersama kopi? Ini yang menjadi pertanyaan, karena tidak semua karakter rasa makanan dapat menyelaraskan karakter rasa kopi sehingga berkesan nikmat saat dirasa bersama.

Jika kamu mengenal tren wine pairing; bagaimana mengkombinasikan makanan disajikan bersama segelas wine, nah ini coffee pairing. Sangat berbeda dengan wine pairing, elemen kombinasi coffee pairing lebih kompleks daripada wine pairing. Untuk memilih makanan yang bersahabat dengan karakter rasa kopi, terlebih dahulu mengidentifikasi karakter rasa kopi. Tanpa tau karakter rasa dominan yang ada pada kopi, bisa dibilang coffee pairing tidak mungkin berhasil.

credit: freewallpapersstock
credit: freewallpapersstock

Jika identifikasi awal dengan mudah mengetahui karakter rasa dari kopi, cobalah pastikan untuk menentukan karakter rasa yang paling dominan dari si kopi. Lakukan eksperimen dengan metode seduh yang berbeda sehingga dengan mudah mengetahui karakter rasa kopi yang paling dominan. Maka, selanjutnya memilih makanan yang memiliki karakter rasa yang hampir sama atau yang mengimbangi karakter rasa kopi.

COFFEE PAIRING CHEAT SHEET

Pada umumnya, menyajikan kopi bersama makanan memiliki pola yang hampir sama di tiap coffee shop. Namun yang perlu diketahui, coffee pairing tidak selamanya berkaitan tentang hal sains. Banyak percobaan trial and error agar menemukan makanan yang sesuai untuk disajikan bersama kopi. Tingkat roasting dan tingkat karakter body biasanya menjadi acuan uji coba makanan mana yang sesuai.

credit: The Elgin Avenue
credit: The Elgin Avenue

Light roastsfloral, spicy and fruity
Medium roastsnutty, chocolatey and slightly floral
Dark roastswoody, thick and earthy

Tingkat roasting mungkin tidak selamanya menjadi acuan, namun bisa menjadi masukan untuk menyeimbangkan rasa makanan untuk jenis kopi tertentu. Perlu diingat lagi, coffee pairing bukan tentang sains, namun percobaan sesuai analogi pribadi. Berikut saran yang mungkin dapat membantu memilih makanan untuk disajikan bersama.

Light bodied coffeespastry, soft cheese, vegetables and fruit
Medium bodied coffeesfish, white meat, etc
Full bodied coffeesspicy food, curries and rich desserts

Bagaimana dengan coffee pairing kamu, pernahkah punya pengalaman saat memilih makanan untuk sajian kopi.

src: coffeekind.com lovecoffee.com img: insights looloo

1,311 total views, 6 views today

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.