COFFEE TAB: SEBUAH KOPI ‘INSTAN’ GAYA BARU

Jika kopi instan identik dengan kopi bubuk dalam kemasan sekali seduh, maka kopi instan yang satu ini ‘katanya’ spesialti dan berasal dari kopi terbaik. 

SEORANG teman beberapa waktu lalu memberikan saya sebuah hadiah kecil berupa Coffee Tab yang isinya dua tablet kopi instan sekali seduh. Katanya ini adalah jenis kopi instan gaya baru yang meski instan tapi tetap berasal dari biji kopi terbaik yang segar dan dikemas berbentuk tablet. Satu-satunya yang instan di sini adalah cara menyeduhnya. Begitu kira-kira katanya.

Coffee Tab ini berasal dari Kanada dan lucunya di kemasannya sendiri disebutkan not instant coffee. Ha-ha-ha. Lucu sekali memang. Kopi yang saya coba ini ternyata adalah kopi arabika yang disangrai medium kemudian diinfus dengan hint of citrus. Baiklah!

Lalu saya pun mencoba menyeduhnya. Cara seduh ada di dalam kemasan dan ternyata hanya membutuhkan 150 ml air panas saja. Pertama, saya menyiapkan cangkir lalu membuka bungkus kopi tablet. Seduh dengan air panas 150 ml dan tunggu sampai 5 menit. Kemudian aduk hingga merata dan biarkan beberapa saat hingga bubuk kopinya mengendap di dasar cangkir.

Meskipun kopi ini bentuknya mirip cookie sisa espresso atau Aeropress tapi ternyata dia sangat lembut dan mudah rapuh. Jadi pada saat disiram dengan air panas langsung lebur sempurna. Aromanya harum dan cara kerjanya mirip kopi tubruk yang kita kenal. Hanya saja ampasnya tidak sebanyak kopi tubruk itu.

Lalu bagaimana dengan rasanya? Rasanya mirip kopi tubruk dengan hint citrus yang sangat tipis menurut saya. Hampir tidak terasa. Kalau ditanya enak atau tidak enak itu kembali ke personal taste masing-masing. Hanya saja kehadiran produk ini sangat unik dan memang benar praktis. Meski saya lebih suka kopi tubruk buatan sendiri yang bijinya digiling sesaat sebelum seduh biar rasanya masih segar.

Well, apapun itu ini adalah sebuah pengalaman menyenangkan. Apapun produk kopi akan membuat saya bergairah dan bersenang-senang dalam mencobanya. Jadi jika kamu menemukan produk seperti ini dimana pun berada saya sarankan coba saja. Siapa tahu suka. Kalau tidak suka anggaplah seru-seruan saja!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.