COKELAT DAN KOPI, SERUPA TAPI TAK SAMA

Pernahkah kalian menyadari bahwa cokelat dan kopi sesungguhnya memiliki banyak kemiripan? Salah satunya bisa diseduh dan nikmat dalam tegukan.

KOPI dan cokelat adalah dua hal yang tak lepas dari dinamika kehidupan di kedai kopi. Saat orang-orang ingin main ke kedai kopi tapi tak suka rasa kopi maka mereka akan beralih pada teh dan cokelat. Minuman cokelat pun menjadi alternatif yang sedap saat beberapa orang menolak kopi karena berbagai alasan.

Sesungguhnya cokelat dan kopi memiliki kemiripan. Keduanya sama-sama tanaman yang bijinya diolah menjadi makanan dan minuman. Meskipun daging buahnya bisa juga dikonsumsi, tetapi biji kopi dan biji kokoalah yang dijadikan komuditi. Selain perihal biji kopi dan biji kokoa, kopi dan cokelat ternyata juga sama-sama mengandung kafein. Beberapa orang cukup salah kaprah mengenai enggan minum kopi karena tak bisa mengonsumsi kafein dan beralih meminum cokelat yang jelas-jelas juga mengandung kafein. Meski kafein pada cokelat kandungannya tak sebanyak pada kopi, namun cokelat efektif juga memberi energi untuk mereka yang membutuhkannya.

Tak hanya sampai di situ saja, kesamaan cokelat dan kopi ternyata sama-sama bisa memberi efek bahagia karena mampu menghasilkan hormon dopamin dan serotonin. Itu kenapa banyak orang yang mood-nya berubah menjadi baik jika minum kopi dan makan cokelat. Kawan, kopi dan cokelat ternyata sama-sama bisa memompa kebahagiaan.

Lalu apa jadinya jika kopi dan cokelat dikonsumsi bersama-sama? Weits tanpa sadar kamu sering kok minum kopi dan cokelat dalam sekali teguk. Itu contohnya ada pada mocha coffee, cappuccino yang ditaburi bubuk kokoa di atasnya atau frappe yang sering kamu pesan di gerai kopi ternama. Efeknya? Ya baik-baik saja untuk tubuh asalkan cokelat dan kopi yang kamu konsumsi itu rendah gula dan terbuat dari bahan-bahan berkualitas.

Mau kopi atau cokelat asal keduanya memberi kebahagiaan kenapa tidak dicoba ya, kan?

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.