COMPOD: COFFEE POD YANG RAMAH LINGKUNGAN

Bayangkan secangkir kopi yang diseduh dalam hitungan detik, menghasilkan rasa yang nikmat dan ramah lingkungan pula. Ketiganya tercipta dalam sebuah penemuan keren bernama comPod.

COFFEE that doesn’t cost the earth! Setidaknya itu adalah sepotong kalimat yang mendasari lahirnya comPod, sebuah compostable coffee pods yang lahir dalam misi mulia: memelihara lingkungan. Di era yang serba instan dan ogah repot ini, para penikmat kopi yang tak punya waktu banyak untuk menyeduh kopi sangat terbantu dengan hadirnya coffee pods. Produk coffee pods atau biasa disebut capsule coffee ini memang mendapat sambutan yang sangat baik bagi penikmat kopi. Banyak kemudahan yang dihadirkannya. Mulai dari hematnya waktu, rasa yang enak serta harga yang terjangkau.

Credit : katherinemaslen.com
Credit : katherinemaslen.com

Namun, tak ada yang sempurna. Segala kemudahan yang menyenangkan manusia sebagai konsumen utama ternyata berefek tidak begitu baik bagi semesta tempat kita tinggal dan bertumbuh. Coffee pods memiliki kelemahan yang sangat tidak efisien yaitu pod atau kapsul tempat kopi berada perlahan menjadi limbah yang menumpuk. Kapsul-kapsul ini biasanya terbuat dari material plastik yang sulit mengurai. Bayangkan jika sehari setiap orang mengonsumsi dua coffee pods. Kalikan 30 hari dalam sebulan dan dikalikan 365 hari dalam setahun? Bisa-bisa dunia ini dipenuhi sampah plastik kapsul yang sangat merugikan lingkungan.

Berdasarkan kekhawatiran inilah Dan McQuinn, pendiri comPod dan bekerja sama dengan perusahaan kopi ternama Nespresso menciptakan sebuah coffee pod dengan wadah yang aman untuk lingkungan. Pod dan kapsul yang comPod ciptakan mampu mengurai dan bahkan bisa menggemburkan tanah karena mengandung unsur yang baik untuk tanah. Meskipun compostable coffee pods, tapi comPod sama sekali tidak memengaruhi rasa kopi yang dihasilkan. Dia hanyalah sebuah wadah pengganti wadah kapsul plastik yang secara ajaib baik untuk tanaman dan tidak mengurangi kenikmatan rasa kopi yang kamu teguk.

Lalu bagaimanakah cara menggunakannya? Well, sama sekali tidak ada perbedaan dalam proses membuat kopi. Tinggal pilih dan masukkan coffee pod ke dalam mesin espresso dari Nespresso, lalu tekan tombol seperti biasa. Pod atau kapsul yang sudah kosong lalu kamu tempatkan pada tanah di halaman rumah atau taman kota di sekitar kamu. Dengan sendirinya compostable coffee pods tadi akan mengurai di dalam tanah dan membantu proses penggemburannya. Proses biodegrading yang dialami coffee pods ini memakan waktu kurang lebih 6 bulan saja. Keren ‘kan?

Hingga saat ini comPod belum diluncurkan ke pasaran tapi sudah bisa kamu cek keberadaannya pada laman Kicstarter. Wah jadi tak sabar menunggu hadirnya comPod di Indonesia. Mudah-mudahan comPod segera dipasarkan ke seluruh dunia dan penggunaan coffee pod bermaterial plastik yang tak ramah lingkungan itu bisa benar-benar dikurangi ya.

Artikel dari kickstarter.com

Foto utama dari radiatecoffee.com.au

cari-kopi

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.