CONG KOPI: DETAK KOPI GAYO DI VIET NAM TENGAH

Tiada yang lebih haru selain menikmati secangkir kopi dari negeri sendiri di sebuah negeri asing. Tak tanggung-tanggung semangat kopi ini juga digerakkan oleh seorang perempuan Indonesia.

Penikmat Cong Kopi

SAYA cukup beruntung memiliki lingkarang pertemanan yang mencintai kopi lebih daam dari lautan. Kopi mengingat erat meski jarak terbentang begitu luasnya. Di perjalanan saya ke Da Nang, sebuah kota modern di Tengah Viet Nam tak hanya berkisah tentang tempat-tempat baru, tetapi juga bercerita soal kopi. Salah satu kisah kopi yang menyenangkan itu lahir di sebuah coffee corner  di dalam lorong sempit yang berdetak merdu bernama Cong Kopi.

Saya yang begitu bahagia menunggu kopi diseduh

Cong Kopi dimiliki oleh sahabat saya Melzna Zhang dan rekannya Nhi Hoang. Melzna Zhang adalah orang Indonesia yang menjadi ‘teman main’ saya waktu dia tinggal di Medan. Sedang Nhi Hoang adalah orang Viet Nam asli yang digaet Melzna untuk membangun sebuah homestay bernama Da Nang Fish Market. Tak puas dengan menjamu para asing di homestay-nya, Mel dan Nhi membuat coffee corner dengan semangat membara memperkenakan kopi Gayo di seantero Viet Nam melalui siapa saja yang datang.

Lorong sempit menuju Cong Kopi

Jangan kira Cong Kopi hanyalah sebuah pelengkap bagi sebuah penginapan kecil, Cong Kopi bergeliat merambat cepat di hati para penikmat kopi di hampir seantero Viet Nam. Kopi Gayo berkisah dari mulut ke mulut dengan ragam cita rasa yang tak hanya satu jenis saja. Berawal dari menyajikan menu filter coffee saja kini Mel & Nhi memiliki mesin espresso Breville untuk memuaskan para penikmat espresso base.

Single origin di Cong Kopi

Jadi Cong Kopi menyediakan aneka single origin baik Gayo maupun dari negara-negara lain yang bisa kamu pilih sesuai keinginan. Alat seduhnya juga beragam mulai dari V60, Kalita Wave, Syphon hingga of course Viet Nam Drip yang tersohor itu.

Melzna & Nhi bersama para penikmat kopi

Yang lebih seru lagi, mereka tak hanya menyajikan kopi yang bisa diminum di sana, tetapi juga menyajikan ragam biji dan bubuk kopi yang bisa dibawa pulang dalam kemasan cantik yang tak kalah dengan brand kopi lain di Viet Nam. Bahkan mereka memiliki produk drip coffee dan cold brew sendiri.

Latte, baby?

Meski kecil dan lokasinya berada di dalam lorong tak bernama, Cong Kopi adalah sebuah detak specialty coffee di sebuah kota yang sedang marak-maraknya membangun pariwisata. Tingginya kunjungan wisatawan di Da Nang berefek baik pada Cong Kopi. Sangkin harumnya nama Cong Kopi, jika kamu mencari tempat minum kopi di Da Nang di Google, mungkin akan menemukan kedai kopi ini.

Pintu masuk kenikmatan!
Cold brew dari Cong Kopi

Semangat Melzna dan Nhi tak sebatas soal kopi saja, tetapi ingin memperkenalkan Kopi Gayo kepada dunia. Ya, mungkin di mulai dari Da Nang yang kemudian melebar dibawa para tamu-tamu internasional yang singgah ke Cong Kopi. Meski kecil dan bukan terlihat seperti kedai kopi pada umumnya, Cong Kopi mampu menghabiskan berkilo-kilo kopi dalam sebulan. Sebuah prestasi besar untuk sebuah tempat ngopi yang tidak besar.

Kopi, teman dan keseruan

Buat saya Cong Kopi adalah keajaiban, sebuah detak di jantung industri kopi Viet Nam yang pelan-pelan membangkitkan sisi nasionalis saya yang selama ini sering hilang. Menikmati secangkir kopi Gayo di negeri antah berantah bersama sekumpulan orang asing memberi energi yang berbeda. Cong Kopi mampu membuat kamu tersadar bahwa kopi mampu menyatukan apapun selama ada titik temu yang sama yaitu kopi. Selesai perkara.

Jika mampir ke Da Nang, jangan lupa singgah ke Cong Kopi, ya!

Cong Kopi juga kerap muncul di berbagai event

Terima kasih untuk Melzna Zhang dan Nhi Hoang yang telah terlibat banyak pada keseruan saya selama di Da Nang Viet Nam. And yes, good luck for bigger Cong Kopi project this year!

Kopi Gayo, anyone?

Cong Kopi 

259/15 Nguyễn Chí Thanh, Phước Ninh, Q. Hải Châu,

Đà Nẵng 550000, Vietnam

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.