COWBOY COFFEE VS TURKISH COFFEE, PILIH YANG MANA?

Metode seduh ini hampir sama namun sebenarnya berbeda, dari mulai asalnya hingga cara penyeduhannya.

BANYAK jenis kopi yang bisa kamu konsumsi. Tentunya dengan proses penyajian berbeda dan akan menimbulkan rasa yang berbeda pula. Salah satu yang banyak dipilih orang adalah cowboy coffee dan Turkish coffee. Keduanya memiliki perbedaan rasa dan cara membuatnya. Kira-kira mana yang mungkin kamu sukai Cowboy Coffee VS Turkish Coffee?

Cara Buat Cowboy Coffee VS Turkish Coffee

Jika kamu tertarik dengan kedua jenis ini, ketahuilah cara membuatnya. Tentu dari caranya saja sudah berbeda. Dengan demikian rasa dari kedua kopi ini juga menimbulkan rasa yang unik dan berbeda. Seperti apa cara membuatnya?

Cowboy Coffee

Kopi koboi dibuat dengan merebus bubuk kopi dan memiliki cara opsional dengan menambahkan air ketika penyajian.

  • Pertama tuangkan bubuk kopi yang sudah digiling ke dalam panci dan isi dengan air.
  • Letakkan panci di atas api, kemudian tunggu sampai mendidih.
  • Ampas akan mengapung ke atas saat air mendidih.
  • Diamkan kopi beberapa menit. Setelah itu angkat panci dari api.

Kamu bisa langsung memasukkan air dingin ke dalamnya. Dengan demikian ampas akan mengendap ke bawah. Pencampuran air dingin akan membuat rasa kopi menjadi lebih terasa. Pada saat dituang juga tidak membuat ampas ikut terminum.

credit: sprudge

Turkish Coffee

Untuk membuat kopi turki, kamu perlu merebus air dan gula di dalam panci kecil.

• Setelah sudah mendidih, angkat dari api, tambahkan kopi dengan bubuk yang sangat halus dan juga kapulaga (opsional).

• Panaskan kembali panci di atas air dan angkat saat kopi sudah berbusa.

• Kamu bisa memanaskannya sekali lagi sampai berbusa hingga bisa dituang ke gelas.

 

Rasa Kopi Keduanya

Kedua kopi ini sebenarnya memiliki rasa yang cukup berseberangan. Cowboy coffee hadir dengan keaslian kopi yang cukup pait. Setelah diseduh, kopi harus langsung dituangkan untuk merasakan aroma dan rasa kopi yang kuat. Salah satu alasan mengapa kopi disebut koboi karena dianggap karakternya kuat seperti koboi. Lalu, bagaimana dengan kopi turki?

Kopi turki sendiri lebih banyak menonjolkan rasa manis. Apalagi pada saat membuatnya air gula dimasak terlebih dahulu. Dengan rempah yang memiliki rasa manis maka akan membuat kopi ini cocok bagi yang ingin mengkonsumsinya dengan cara dan rasa yang berbeda.

Credit by lacolombe.files.wordpress.com

Gilingan Kopi

Perbedaan juga terjadi pada gilingan kopi. Cowboy coffee akan memakai gilingan medium. Tidak ada patokan ukuran gilingan biji kopi. Sementara untuk Turkish coffee, harus dipastikan biji kopi digiling dalam tekstur yang sangat halus. Ini juga menjadi perbedaan yang cukup mendasar di antara keduanya. Rasa yang ditimbulkan pun menjadi berbeda.

Kedua jenis kopi ini memang punya cita rasa khas yang berbeda. Jika kamu memilih antara cowboy coffee VS Turkish coffee, maka harus menyesuaikan selera masing-masing. Tentunya kedua jenis kopi ini tetap cocok untuk dikonsumsi dalam berbagai acara khususnya saat acara berkumpul bersama orang terdekat. Ingin eksplorasi cara seduhnya, silahkan saja, bahkan di beberapa daerah memiliki cara berbeda untuk membuat sajian cowboy coffee atau pun turkish coffee.

gambar utama: theroasterie.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.