CUCI BERSIH CANGKIR KOPIMU!

Kita semuat tahu bahwa cangkir kopi harus dicuci setiap hari. Tapi tak banyak yang tahu bahwa mencuci cangkir kopi haruslah teliti tak bisa sesederhana membersihkan alat makan lainnya.

SETIAP pecinta kopi memiliki cangkir kopi mereka sendiri yang digunakan di kantor setiap hari. Cangkir-cangkir kopi itu menjadi sumber kebahagiaan tempat kopi-kopi nikmat kita lahir. Kadang kita tak peduli, selesai ngopi kita biarkan cangkir kopi itu begitu saja. Berharap ada office boy dan office girl yang membersihkan setelahnya. Padahal ampas kopi dan sisan kopi yang mengendap pada cangkir adalah sarang bagi banyak bakteri jahat. Hih!

Credit : whereverilaymytrilby.files.wordpress.com
Credit : whereverilaymytrilby.files.wordpress.com

Menurut sebuah artikel dalam Lifehacker, seharusnya setiap orang yang di kantor harus membersihkan cangkir kopi mereka sendiri atau membawanya pulang untuk dibersikan di rumah. Cangkir kopi yang dibiarkan di kantor semalaman akan menjadi sumber ‘pestanya’ para bakteri jahat dan tentunya itu akan merugikan kesehatan pemilik cangkir tersebut. Dalam artikel tersebut seorang profesor ahli lingkungan dari Universitas Arizona bernama Charles Gerba, Ph.D juga mengatakan bahwa 90% cangkir kopi di kantor terbukti bisa menjadi rumah bagi bakteri berbahaya. Dan 20% dari cangkir-cangkir kopi itu telah terjangkit fecal bacteria.

Credit themeatandpotatoesoflife.com
Credit themeatandpotatoesoflife.com

Profesor Cahrles Gerba menambahkan bahwa para pekerja kantor cenderung tidak memperdulikan kebersihan cangkir kopi mereka. Metode kebersihannya yang sepatutnya disalahkan. Selesai ngopi biasanya cangkir-cangkir kopi tersebut hanya diletakkan di pantry kemudian dibersihka oleh office boy kantor. Membersihkan cangkirnya pun hanya menggunakan sponge biasa yang justru hanya menghilangkan noda kopi yang kelihatan saja. Tidak mampu membersihkan cangkir secara keseluruhan. Ituah yang menjadi sarang bakteri.

Disarankan bagi setiap pekerja kantor membersihkan sendiri cangkir kopi mereka dengan sponge atau brush yang tidak terkontaminasi dengan peralatan makan lain. Juga jika memiliki mesin pencuci piring itu akan lebih baik lagi. Cara terbaik adalah dengan membawa pulang cangkir kopi dan mencucinya sendiri jika kamu memiliki dishwasher. Tapi jika tidak, sebaiknya dicuci secara detail lalu setelah itu direndam atau dibilas dengan air panas. Bakteri-bakteri yang disebabkan oleh sisa kopi akan mati dalam suhu tinggi. Nah, mulai sekarang jangan lupa cuci bersih cangkir kopimu ya kawan.

Disunting dari sprudge.com

Foto utama dari huffington.com

cari-kopi

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.