DAN PETUALANGAN ITU BERAKHIR DI KELANA KOPI

Sore terakhir di Solo ditutup dengan mampir ke sebuah kedai kopi bernama Kelana Kopi.

SOLO membuat saya rindu. Bahkan saat tulisan ini saya tulis perasaan tentang hangatnya kota ini masih terasa di dada. Beberapa hari di Solo tampaknya cukup berkesan untuk saya dan saya ingin kembali lagi. Sore terakhir sebelum bertolak ke Semarang dengan kereta saya dan beberapa teman mampir ke sebuah kedai kopi yang direkomendasikan seorang barista dari kedai kopi lain. Namanya Kelana Kopi.

Saat kami mampir di bagian luar Kelana Kopi sedang mengalami perbaikan. Pohon dan ranting dibersihkan mungkin agar lebih nyaman ke depannya. Kelana Kopi untuk saya lumayan unik karena bar kopinya berada di bagian luar dengan bentuk bangunan kecil mirip joglo. Di sisi kanan ada ruang sangrai dan di dekatnya ada berjejer meja dan kursi.

Jika kamu ingin duduk di dekat bar kopinya juga disediakan beberapa kursi. Saya memilih duduk di bagian dalam karena ingin suasana yang lebih sejuk. Kami duduk di belakang menghadap ke halaman belakang yang hijau dan nyaman. Sore itu Kelana Kopi cukup lengang dan tepat dijadikan tempat ngopi sore yang santai.

Saya memesan filter coffee yang diseduh dengan Hario V60. Saya memesan single origin Frinsa Weningalih kalau tidak salah. Dan karena baru memasuki pandemi di sini tidak menggunakan cangkir keramik tapi paper cup dan plastic cup sekali pakai. Mungkin mereka ingin mengurangi kontak dan penyebaran virus ya.

Dua teman saya memesan Hot Cappuccino dan minuman dengan es krim. Menurut mereka minumannya sedap dan sesuai ekspektasi. Hati saya jadi lega karena ternyata tak hanya minuman saya saja yang enak tapi minuman mereka juga.

Yang membuat nyaman adakah baristanya juga ramah dan bekerja dengan suka cita. Jadi energi positifnya menular. Teman saya bahkan sempat bilang “pekerjanya hepi ya kerjanya. Jadi nyaman di sini”. See? Hati yang berbahagia menulari orang lain!

Oh iya tak lengkap memang kalau minum kopi tanpa ditemani camilan. Seperti biasa mumpung di Solo kami lagi-lagi memesan Tempe Mendoan yang garing dan gurih. Tak sampai berapa menit sudah kandas saja.

Sejujurnya saya sangat suka tipikal kedai kopi seperti Kelana Kopi. Kedainya luas dan berciri dengan joglo dan bentuk bangunan yang memanggul identitas kotanya. Kelana Kopi juga menjual biji kopi jadi jika kamu suka dengan kopinya bisa membawa pulang juga aneka single origin di sini.

Kelana Kopi

AlamatJl. Menteri Supeno No.11, Manahan, Kec. Banjarsari,

Kota Surakarta, Jawa Tengah 57139

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.