DARI MANAKAH BIJI KOPI TERBAIK BERASAL?

Pernahkah kamu menikmati secangkir kopi, kemudian tiba-tiba rasa ingin tahu meledak dan bertanya dalam hati, sebenarnya dari mana biji kopi terbaik berasal?

SAMA kita ketahui bahwa biji kopi terbaik berasal dari kebun kopi yang dikelola teliti oleh petani kopi, dan di era kopi speciality kini hampir semua negara sudah semakin serius menjadikan biji kopi sebagai komoditas primer untuk ekspor dan impor. Pertumbuhan industri kopi dari hulu hingga hilir tentunya mengalami perkembangan juga, sehingga tiap daerah negara produsen mulai mengerti bagaimana kopi terbaik tercipta.

Menentukan biji kopi terbaik tidak akan lengkap jika tidak diseduh dengan sempurna, sebabnya sebelum menentukan biji kopi dipasarkan dilakukan sesi cupping. Selain mencari tau rasa dominan dari si kopi, cupping juga dapat menganalisa karakter biji kopi apakah ada kesan rasa mengganggu dari biji kopi yang cacat atau hal lainnya. Dan uji cupping ini bukan dilakukan orang-orang biasa, tapi dilakukan oleh orang-orang yang mendedikasikan dirinya untuk industri kopi. Secangkir kopi nikmat yang kamu minum hari ini, adalah kopi terbaik dari petani kopi dan pelaku kopi lainnya, roaster mau pun barista. Tapi, jika pun masih penasaran biji kopi terbaik dari mana, mungkin beberapa negara produsen ini perlu kamu ketahui.

credit: torrefacto.ru

Brasil
Negara ini merupakan produsen kopi terbesar di dunia, menariknya lagi Brasil pernah mengekspor 45 juta kantor biji kopi seberat 60 kilogram pada tahun 2014 dua kali lipat dari jumlah ekspor seluruh benua Afrika. Mengapa kopi Brasil sangat panyak peminatnya, karena kopi Brasil dikenal dengan cita rasa asam yang light dan body yang creamy dengan kesan karakter coklat dan karamel.

Kolombia
Yang menarik dari kopi Kolombia adalah tempat di mana biji kopi ini tumbuh, tanah Kolombia diberkahi dengan daerah tropi dan ketingian yang optimal, sehingga tidak heran produksi biji kopi Kolombia mendapatkan reputasi berkualitas sejak lama. Karakter rasa dari biji kopi di negara ini memiliki tingkat keasaman yang light dan body yang light dan kesan spicy ketika diminum.

Kosta Rika
Biji kopi di negara ini secara umum diolah menggunakan metode wet process, yang mana buah kopi akan dikeluarkan terlebih dahulu sebelum dikeringkan. Karakter rasa dari biji kopi ini cenderung memiliki asam yang begitu jelas dan body yang medium, dengan kesan nutty dan ada juga kesan rasa manis madu dengan kadar rasa yang seimbang.

Ethiopia
Daerah tertua penghasil kopi adalah daerah di Ethiopia, dengan karakter rasa yang cenderung body yang full dan tebal, dengan kesan rasa yang berbeda tergantung prosesnya. Biji kopi di Ethiopia secara umum diproses dengan cara mengeringkan biji kopi sekaligus buahnya dan kemudian dicuci. Mungkin ini sebabnya yang membuat karakter rasa kopi di Negara ini menarik.

Honduras
Tercatat lebih dari 110.000 produsen kopi terdaftar dan sangat populer di negara ini, dan 92% di antaranya merupakan produsen kecil. Di sini tanaman kopi yang ditanam umumnya hanya satu varietas saja yang mendominasi, tapi walau pun hanya satu varietas tanaman kopi, biji kopi Honduras punya karakter rasa yang khas dengan kesan kismis, redcurrent dan hazelnut.

credit: flickr

Jamaika
Di negara ini, ekspor sangat diatur, sehingga biji kopi yang keluar ekspor perlu disertifikasi oleh pemerintah. Dengan karakter rasa yang cenderung lembut, tidak heran produksi kopi negara ini banyak yang minat. Biji kopi di negara ini dipanen dari ketinggian 3.000, mungkin ini sebabnya biji kopi dari sini cukup dihargai.

Hawaii
Masih sedikit yang menenal biji kopi dari Hawaii, namun siapa sangka biji kopi dari negara ini juga tidak kalah hebat. Tumbuh di lereng gunung berapi Halalai dan Mauna Loa, membuat rasa yang berkembang semakin autentik. Dengan body yang medium, aromatik, dan kesan aftertaste dari butter, jangan heran jika biji kopi dari Hawaii ada di koleksi menu kopi coffeeshop favoritmu.

Kenya
Biji kopi dari Kenya terkenal dengan karakter asam yang khas, dan sebagian besar kopi dari Kenya tumbuh didampingi dengan pohon naungan sehingga sangat berkontribusi dengan keasaman rasa otentik dari kopi ini.

Indonesia
Kopi Indonesia merupakan kopi yang paling dicari oleh banyak pemburu kopi, dengan kekayaan daerahnya menjadikan biji kopi di Indonesia sangat beragam dan kaya akan rasa. Kopi Indonesia dari daerah Sumatera memiliki karakter rasa khas yang bersahaja dan hampir sedikit spicy. Dan kopi Indonesia lainnya yang tak kalah menarik adalah biji kopi dari pulau Jawa, dengan karakter asam yang lembut. Walau pun demikian, tidak selamanya kopi di Indonesia memiliki karakter rasa asam atau pun spicy, tergantung di mana daerah tanaman kopi tumbuh dan berkembang.

Namun demikian, sebenarnya biji kopi terbaik adalah biji kopi yang dikelola dengan sepenuh hati untuk dinikmati oleh para pecinta kopi yang mampu mengapresiasikan bahasa rasa dalam tiap sesap teguknya.

src: thedailymeal.com img: 123chienluoc.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.