DECAFFEINATED MEXICO: SECANGKIR KOPI TANPA KAFEIN

Kiranya terdengar mengagetkan tapi untuk kalangan yang selalu bersemangat akan perkembangan kopi dunia, mungkin sudah terprediksi ada masanya secangkir kopi tanpa kafein tersedia dengan mudahnya untuk minum kopi di rumah.

DAN inilah saatnya, seperti kabar menyegarkan untuk para pecinta kopi decaf, yang ingin minum kopi tapi khawatir terhadap sensitivitas senyawa kafein yang terkandung pada kopi. Kopi tanpa kafein istilah lainnya adalah kopi decaf, merupakan seduhan sajian kopi dari biji kopi yang sudah mengalami proses pelepasan senyawa kafein dengan metode tertentu.

Inisiatif memisahkan senyawa kafein dari secangkir kopi bukanlah sebuah hal baru, mungkin banyak para penemu sudah mencoba untuk melepaskan senyawa kafein dengan menguji berbagai sampel. Setidaknya, tercatat pada tahun 1819 untuk pertama kali ide memisahkan kafein bermula dari seorang ahli kimia Jerman, Friedlieb Ferdinand Runge.

Sejak saat itu, banyak para ahli sengaja atau pun tidak sengaja mengembangkan metode pelepasan kafein pada biji kopi. Ada yang menggunakan kandungan senyawa benzena, hanya saja senyawa ini tidak baik untuk kesehatan. Tahap awal perkembangan produksi kopi decaf memerlukan biaya berlebih, dan banyak perusahaan spesialis di bidang ini harus mundur selangkah untuk mencari formula baru yang sesuai dengan permintaan.

Biji kopi tanpa kafein adalah hasil akhir dari metode pelepasan kafein yang dilakukan, memisahkan senyawa kafein pada biji kopi tanpa menghilangkan senyawa rasa secara drastis. Senyawa kafein mungkin masih ada tapi persentasenya sangat kecil dan senyawa rasa yang terikut terlepas pun pada presentasi yang sedikit.

Sekilas tentang metode pelepasan kafein pada biji kopi dilakukan pada saat biji kopi berupa gabah kopi istilahnya green bean. Selama prosesnya green bean akan mengalami pencucian dengan air mengalir, tekanan, temperatur dan vacuum yang disesuaikan. Jika ada yang beranggapan proses pelepasan kafein terjadi ketika kopi diseduh, ini keliru.

Decaffeinated Mexico

Decaffeinated Mexico

Single origin yang berasal dari Negara Meksiko Serikat, tepatnya di wilayah negara bagian Chiapas, perkebunan Finca Nueva Esperanza. Decaffeinated Mexico adalah biji kopi tanpa kafein dari Meksiko dengan metode dekafeinasi Mountain Water Process, menggunakan air daerah penggunungan yang bersih, jernih dan mengandung mineral baik untuk mendukung proses dekafeinasi.

Sekilas tentang Mountain Water Process, sebelum proses dimulai dilakukan analisis kimia untuk menentukan kondisi optimal, grean bean dikukus dalam kontainer khusus dan disiapkan untuk proses pelepasan. Pada pipa – pipa yang saling terhubung, air mengalir melalui green bean membawa senyawa kafein dan juga senyawa rasa, melewati saringan khusus sehingga yang tertahan hanya senyawa kafein, senyawa rasa dikembalikan pada kontainer green bean semula.

Bagaimana menurutmu tentang kopi tanpa kafein dan proses dekafeinasi, apakan sedikit penasaran dengan karakter rasa kopinya. Setelah memahami bagaimana proses menghasilkan biji kopi tanpa kafein, tentu penasaran ingin mencobanya di rumah. Yuk berbagi cara seduh seperti apa yang optimal untuk biji kopi dekafein ini.

disunting dari BBC.com dan interamericancoffee.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.