DOUBLE-DECKER DI LONDON MENGGUNAKAN BAHAN BAKAR DARI KOPI?

Kota London pasti tak pernah terlepas dari bus bertingkat alias double-decker yang berwarna merah nan ikonik. Dan kini, bus yang menjadi identitas kota ini sudah bisa beroperasi menggunakan bahan bakar dari ampas kopi.

DIBERKATILAH kopi yang meski sudah menjadi ampas ternyata mampu digunakan menjadi hal-hal berguna. Bahkan ampas kopi di tangan perusahaan berbasis di London Bio-bean bisa diubah menjadi bahan bakar yang berfokus pada biofuel seperti limbah-limbah sisa produksi.

Ampas kopi ini ternyata mampu mengeluarkan sekitar 20 persen minyak dan bisa dipakai untuk bahan bakar kendaraan salah satunya bus double-decker ini. Seperti disunting dalam Independent.co.uk, perusahaan Bio-bean ini ternyata tidak sendirian dalam menggerakkan bahan bakar dalam ampas kopi ini. Banyak pihak yang membantu salah satunya adalah ribuan kedai kopi di Inggris yang sudah bersedia bermitra dengannya.

Salah satu kedai kopi yang bermitra dengan Bio-bean adalah Costa Coffee dan Caffe Nero. Inggris menghasilkan kurang lebih 500.000 ton ampas kopi pertahun. Dan ini benar-benar bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan bahan bakar biofuel yang dibutuhkan masyarakat. Selain lebih ramah lingkungan tentunya ini akan mengusung gerakan zero wasting sehingga mampu mengurangi limbah ampas kopi yang jumlahnya cukup besar.

Bio-bean dan timnya juga takkan hanya bermitra dengan kedai kopi saja tetapi ingin bermitra dengan pabrik dan perusahaan kopi instan. Karena seperti diketahui pabrik kopi instan menghasilkan begitu banyak limbah kopi yang bisa diolah secara cermat menjadi bahan bakar yang baik untuk kendaraan dan lingkungan.

Dan ya, bahan bakar dari ampas kopi ini sudah diuji pada bus double-decker dan demonya cukup berhasil. Dalam menghasilkan bahan bakar ini Bio-bean didukung juga oleh Shell sebuah perusahaan yang sudah begitu harum namanya di industri penghasil bahan bakar.

Wah, bayangkan jika ampas kopi dari seluruh dunia dan dikumpulkan lalu diubah menjadi biofuel. Ada begitu banyak ampas yang berguna dan begitu banyak bahan bakar yang bisa dipakai untuk lebih ramah pada bumi kita yang semakin hari semakin tua ini ya?

Foto utama dari gettyimages.com

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.