EASY ICED COFFEE LATTE

Satu lagi resep kopi segar untuk akhir pekan.

UNTUK akhir pekan yang cenderung santai seperti sekarang ini, membuat dan menikmati segelas es kopi nikmat memang udah paling bener. Tapi biasanya yang jadi persoalan waktu lagi nyantai di akhir pekan adalah males melakukan segala sesuatu yang serba ribet karena satu minggu ke belakang, biasanya, sudah dihabiskan dengan pekerjaan yang cukup menyita energi. Nah, karena kami mengerti makanya kami memberikan resep sederhana namun bisa memberi hasil yang cukup menarik ini. Lol.

Iced coffee latte yang membuatnya tidak perlu terlalu repot atau harus menyediakan bahan ini-itu. Komposisi yang dibutuhkan pun cukup simpel kok. Simak cara membuatnya langsung berikut ini:

Bahan yang diperlukan:

• Kopi

Ice cube tray (tempat cetakan es batu di lemari pendingin)

• Susu segar

• Cream

• Whipped cream (jika suka)

• Kopi cold brew (optional)

Cara membuat:

1. Seduh kopi dengan metode yang biasa kalian lakukan. Jika suka dengan metode pour over, silakan saja. Kalau suka dengan metode Aeropress, French press dan seterusnya, juga terserah. Biji kopi yang mau digunakan juga kembali kepada selera masing-masing. Namun semakin tinggi sweetness biji kopi yang akan diseduh, maka akan semakin nikmat pula hasilnya.

2. Setelah diseduh, biarkan kopi itu dingin dengan sendirinya. Jangan langsung dimasukkan ke dalam lemari pendingin dan biarkan temperaturnya turun menurut suhu ruang.

3. Setelah dingin, tuangkan minuman kopi tadi ke dalam ice cube tray dan masukkan ke lemari pendingin. Biarkan semalaman sampai membeku dan menjadi es batu kopi.

iced-coffee

4. Ketika kopi sudah menjadi es batu, masukkan ke dalam gelas untuk ditambahkan komposisi berikutnya.

5. Jika kalian suka kopi yang terasa agak strong dan lebih intens, isi setengah dari gelas dengan cold brew yang sudah diseduh sebelumnya. Namun jika kalian menyukai rasa yang lebih creamy dan milky, biarkan es-es batu kopi itu begitu saja.

iced coffee

5. Di wadah terpisah, tuangkan 1 cangkir susu full cream (hangat) dan 2-3 sendok makan cream. Aduk rata sampai teksturnya foamy.

6. Setelahnya tuangkan campuran susu tadi ke dalam gelas yang sudah berisi es-es batu kopi. Es batu akan segera mencair begitu terkena cairan susu yang hangat. Pada saat ini jugalah tampilan es kopi dan susu yang saling melebur itu kelihatan cukup cantik untuk difoto. Tambahkan campuran susu hingga penuh atau sesuai selera.

iced-coffee-3

7. Setelahnya, tambahkan dengan whipped cream jika suka.

8. Sajikan dengan straw cantik untuk semakin mempermanis tampilannya.

hasil-es-kopi

 

That’s all. Membuatnya gampang ‘kan? Selamat mencoba, ya! 🙂

barista-tools

Foto diambil dari highwallsblog.com dengan credit adalah milik Chelsea Hannah

Yulin Masdakaty

Tukang nulis yang menggemari komik, film-film pahlawan super, dan jalan-jalan—sambil minum kopi.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.