EKOLOGI COFFEE & DESK JOGJA

Jogja memang tak hanya tentang budaya, gudeg dan tempat wisata. Untuk kami Jigja adalah tentang jelajah kopi yang memberi pengalaman teguk yang membuat ‘kaya’.

KALI ini petualangan kopi kami terhenti pada sebuah kedai kopi bernama Ekologi Coffee & Desk. Tak hanya kedai kopi, tempat ini ternyata juga merupakan co-working space yang ramai didatangi oleh para mahasiswa yang ingin mencari tempat nyaman untuk tugas-tugas kuliah yang menumpuk.

Kami sendiri tahu tempat ini dari seorang teman yang memang sering ngopi sembari bekerja di sini. Menurutnya Ekologi Coffee & Desk sangat nyaman dan tentu memberi kesenangan sendiri saat kopinya diteguk berkali-kali. Co-working space berada di lantai dua sedang kedainya didesain minimalis dengan jendela-jendela yang besar. Sehingga memungkinkan cahaya matahari masuk dengan sempurna. Sejauh ini kami sudah suka!

Ternyata Ekologi Coffee & Desk ini juga memiliki roastery sendiri yang diberi nama Louis Roastery. Jadi sudah pasti semua kopinya disangrai sendiri sepenuh hati. Puas melihat seluruh kedai akhirnya kami memesan satu minuman hits yang jadi signature drink kedai ini: Es Kopi Susu. Es Kopi Susu ini adalah best seller dan tersedia dalam dua ukuran medium dan large. Dan kami memesan ukuran sedang yang lumayanlah untuk meluruhkan dahaga di Kota Jogja yang siang itu agak  gerah.

 

Yang membuat seru pada saat kami mampir di Ekologi Coffee dan tim dari Louis Roastery sedang mengadakan public cupping. Secara tak sengaja kami ikutan nimbrung ha-ha-ha. Ada lima jenis single origin yang mereka cuppingSingle origin tersebut antara lain Mangkuraja, Lembang, Bali, Sumbing, dan Gayo Pantan Musara. Karena nimbrung sendiri kami akhirnya diajak bergabung untuk melakukan cupping.

 

Selain itu kami juga diajak berdiskusi dan memberi masukan perihal notes dari masing-masing single origin itu. Seru sekali! Tak menyangka awalnya kami hanya ingin datang dan ngopi akhirnya malah diajak cupping dan diskusi soal kopi. Oh iya, nama Ekologi Coffee & Desk ternyata dipilih dari arti “ekologi” itu sendiri yaitu ilmu yang mempelajari interaksi antara organisme dengan lingkungannya. Jadi mungkin mereka ingin Ekologi bisa seperti itu kelak.

Oh iya, kedai kopi ini juga sangat sejuk dan hijau karena dikelilingi oleh pepohinan rimbun dan banyak tanaman yang dipajang di setiap sudut kedai. Untuk kami, Ekologi Coffee & Desk sangat seru dan menyenangkan. Sebuah pengalaman ngopi dan cupping yang tak diduga-duga ternyata terjadi di sini. Semoga suatu hari nanti bisa mampir lagi.

Ekologi Coffee & Desk

Alamat: Jl. Pandean Sari Blok IV No:10A, Candok, Condongcatur, Kec. Depok, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55283

Jam Operasional: 10:00-23:59

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.