EKSPLORASI RASA KOPI DENGAN BAHAN DAPUR

Era kopi speciality tidak bisa terlepas dari kebiasaan yang tercipta pada masyarakat penikmat kopi itu sendiri, tiap orang memiliki cara masing-masing untuk meneguk secangkir kopi mereka, apakah itu ditambahkan susu, gula, atau pun creamer.

BUKAN berarti menambahkan sedikit gula pada secangkir kopi adalah sebuah hal yang selalu menjadi haram dalam ritual meneguk kopi, bisa jadi hanya bentuk eksplorasi rasa. Sudah pasti kopi yang ditambahkan pemanis akan menjadi hilang kekhasan rasa yang terkandung di dalamnya. Faktanya, pada kadar yang tipis kopi sememangnya memiliki kandungan rasa manis, tapi tidak semua orang yang dapat merasanya.

Jika ingin merasakan rasa khas dari si kopi, melatih lidah untuk peka terhadap rasa adalah langkah awal untuk mempelajari profil rasa apa saja yang terkandung. Untuk memudahkan latihan mengenal profil rasa yang ada, sangat mudah dengan bantuan Lexicon Flavour Wheel. Menyusuri rasa yang terkandung pada secangkir kopi kita, dari rasa yang umum hingga dapat menentukan rasa yang lebih spesifik seperti asam buah berry atau asam buah citrus.

credit: laman pencari

Untuk mereka para coffee enthusiast terkadang melakukan semacam eksperimen untuk mengekplorasi sajian kopi mereka, apakah itu eksperimen pada teknik metode penyeduhan ataupun apa yang mereka lakukan pada bubuk kopi sebelum mereka seduh. Berikut ini tentang bagaimana bahan dapur memberikan nuansa berbeda terhadap sajian kopi mereka. Metodenya, sebelum menuangkan air panas, mereka menambahkan bahan dapur ke bubuk kopi kemudian diseduh. Berbeda dengan menambahkan gula yaitu setelah seduh, yang ini menambahkannya sebelum diseduh. Bagaimana sensasi rasanya, bahan dapur seperti apa yang dijadikan eksperimen, simak ulasannya.

1. Jahe

Siapa yang mengira menambahkan jahe pada bubuk kopi memberikan sensasi rasa yang berbeda, tidak hanya perihal rasa yang menarik, kandungan pada jahe juga baik untuk kesehatan tubuh, dapat membantu permasalahan pencernaan. Efek rasa pada sajian kopi akan menciptakan sedikit profil mild, namun pada kadar jahe yang banyak rasa kopi menjadi tidak menarik lagi.

2. Kayu Manis

Menambahkan kayu manis memberikan profil rasa yang manis pada kopi, untuk jumlah yang ditambahkan sesuai keinginan kita seberapa jauh kayu manis memegang peran, namun lebih baik sedikit saja. Kayu manis juga baik untuk kesehatan seperti memberikan ketahanan pada pencernaan, dan meredakan nyeri otot.

credit: sunny981sd.com

3. Kepulaga

Dengan kadar yang cukup menambahkannya ke bubuk kopi, kepulaga dapat membantu profil rasa kopi menjadi lebih seimbang, tidak hanya itu kandungan pada kepulaga juga membantu keram perut, melancarkan sirkulasi darah dan meredakan stres.

4. Kunyit

Bubuk kunyit banyak orang mengenalnya sebagai bumbu dapur, namun ternyata kandungannya juga baik untuk meredakan depresi, arthritis dan meredakan perut mulas. Bagaimana jika bubuk kunyit dipadukan pada bubuk kopi sebelum menuangkan air panas, kita akan menemukan karakter rasa yang menyenangkan.

Memadukan bahan lainnya untuk menemukan rasa yang menarik dalam konteks eksplorasi rasa, boleh saja. Ada baiknya pada kadar secukupnya, agar tidak terlalu mempengaruhi rasa pada kopi, jika berlebihan menambahkannya maka secangkir kopi akan terasa membingungkan. Apakah kamu punya pengalaman eksplorasi rasa secangkir kopi kamu?

SRC: spoonuniversity.com img: archanaskitchen.com

2,870 total views, 2 views today

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.