EKSPLORASI RASA KOPI DENGAN SIRUP, MENGAPA TIDAK

Eksperimen Rasa Sajian Kopi Dengan Sirup

PADA jumlah yang tepat, karakter rasa sirup yang ditambahkan pada sajian kopi akan menambah pengalaman menikmati kopi yang berbeda. Tentunya banyak barista akan berpegang teguh untuk tidak menambahkan perasa sirup pada sajian kopi mereka. Tapi ada saatnya, rasa penasaran untuk mengeksplorasi karakter rasa melampaui batasan umum.

Mungkin untuk seduhan kopi manual akan merusak originalitas rasa dari sajian kopi dan terkesan tidak menghargai proses seduh untuk ciptakan rasa nikmat dari sajian kopi. Tapi, tiap penikmat kopi memiliki cara mereka tersendiri untuk menikmati sajian kopi. Tidak ada salahnya eksplorasi sajian kopi dengan menambahkan sirup pada batas wajar.

Eksplorasi Pada Sajian Iced Coffee Milk
Menambahkan perasa sirup umumnya digunakan untuk sajian iced coffee milk. Menyenangkan menemukan karakter rasa favorit yang dipadu dengan sajian kopi susu. Bahkan di beberapa kedai kopi memasukkan sajian seperti Vanilla Latte ke dalam daftar menu mereka. Pengalaman eksperimen rasa sajian kopi di rumah menjadi lebih menyenangkan dengan ekstrak sirup pilihan.

Sajian Cold Brew Lebih Menakjubkan
Ketika menikmati sajian cold brew mungkin akan berkesan seperti sajian berkelas nan mewah dengan rasa yang khas. Pernahkah mencoba cold brew dengan sedikit kesan rasa coklat, atau pun rasa lainnya. Tentu semakin penasaran mencobanya sendiri, membuat sajian cold brew favorit dengan menambahkan ekstrak rasa pilihan.

Ciptakan Takaran Sirup Sendiri
Khawatir menambahkan ekstrak rasa sirup secara berlebihan pada sajian kopi, baiknya untuk membuat takaran sirup sendiri. Berikut langkah membuat takaran sirup sendiri untuk eksperimen sajian kopi.

  • Siapkan air 2 cangkir dan gula secukupnya, panaskan air dan masukkan gula 1 cangkir atau secukupnya kemudian aduk hingga gula larut pada air.
  • Ketika gula sudah mulai larut, kecilkan api dan masukkan ekstrak rasa sirup pilihan, didihkan dan aduk selama 5 menit.
  • Biarkan dingin, tuang ke botol, dan gunakan seperlunya ketika ingin menambahkan ke sajian kopi.
  • Atur kuantitas sesuai selera kamu sebagai sirup takar andalan, yang setiap saat bisa digunakan untuk eksplorasi sajian kopi.

Pernahkah memiliki pengalaman menambahkan sirup pada sajian kopi kamu, yuk berbagi di sini!

sumber:
Handbook Coffee Lover Magazine
img: monin.com

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.