ES KOPI LEMON SAJIAN ICED COFFEE TERTUA, BENARKAH?

Sajian kopi dengan manambahkan potongan lemon, bukan hal baru di kalangan pecinta kopi, tapi tahukah bahwa sajian es kopi lemon punya kisah yang menarik.

TIDAK ada yang bisa menolak sajian es kopi, bagaimana pun variasi sajian ini hampir tiap orang bisa menerimanya, sekali pun mereka yang bukan penikmat kopi. Sebab, sajian es kopi memiliki perbedaan karakter rasa yang kontras dibandingkan sajian kopi yang dihidang panas. Umumnya, banyak yang menyukai sajian es kopi susu, maka tidak heran jika banyak pengusaha kedai kopi mengambil pasar ini.

Bukan baru ini tren es kopi muncul ke permukaan, sekitar tahun 1830an es kopi hadir sebagai alternatif, tapi sejak saat itu malahan banyak peminatnya. Berawal dari kebiasaan, malahan sajian es kopi menjadi sebuah budaya yang layak untuk dikisahkan. Siapa yang mengira es kopi lahir dari ruang tawanan di pos Mazagran, sebuah kota yang terletak di Aljazair.

Pada masa itu, invasi pasukan Perancis ke Aljazair ketika mereka menguasai kekaisaran Ottoman. Kemudian pada tahun 1837 perjanjian rundingan ditandatangani, sehingga genjatan senjata di wilayah Aljazair terjadi, namun tak lama seorang rakyat Ottoman Emir Abd al-Qadir memimpin penyergapan lebih 100 pasukan Perancis dan menawannya di Mazagran.

Persediaan kopi untuk para tawanan terbatas, sehingga untuk menyiasatinya inisiatif mengambil air dingin dan menambahkan kopi untuk sajian kopi mereka. Setelah bebas dari pos Mazagran, pasukan membawa kebiasaan menikmati sajian kopi dengan air dingin ini, dan membawa nama sajian sesuai lokasi lahirnya sajian kopi tersebut. Namun literasi yang menjelaskan seperti apa pastinya resep dari sajian Mazagran ini banyak versinya.

credit: maybeknot.com

Beberapa sudut pandang percaya cara menyajikannya menuangkan sajian kopi panas di atas es, tapi sebagian juga percaya menyajikannya dengan menuang air dingin ke sajian kopi. Dulu yang dianggap sebagai alternatif, kini malahan menjadi sebuah kisah yang menarik untuk diketahui.

Cara Membuat Es Kopi Mazagran

Bahan yang dibutuhkan
Es Secukupnya
1 Cangkir Kopi
Jus lemon segar, secukupnya
Pemanis yang disukai, seperti kayu manis, gula, atau vanila
1 irisan lemon (opsional)

Langkah membuatnya

  • Seduh kopi dengan metode seduh favorit kamu (lebih baik metode seduh yang mampu menampilkan kopi yang strong)
  • Tuangkan sajian kopi ke atas es, kemudian tambahkan jus lemon dan pemanis secukupnya, dan aduk merata.
  • Opsional, masukkan potongan lemon untuk semakin berkesan
    Es kopi siap untuk dinikmati.

sumber:
greatist.com mazagran first iced coffee
cupofcoffee.biz img

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.