ESPRESSO COLA: MENIKMATI KOPI DINGIN BERSODA

Kopi selalu menemukan cara unik untuk dinikmati. Itu kenapa eksperimen terhadap minum kopi takkan pernah berhenti.

Espresso dengan es krim atau lebih dikenal dengan affogato telah menjadi santapan umum pecinta kopi di dunia. Lalu muncul juga bulletproof coffee, yaitu kopi yang dinikmati dengan campuran mentega yang dipercaya memberi energi lebih dan mampu menjadi teman diet yang ampuh. Tak berhenti sampai di situ, eksperimen terhadap kopi terus berkembang hingga peminumnya terpuaskan dengan ragam cara dan rasa yang disesuaikan selera masing-masing. Berdasarkan itulah, Mike Haft dan Harrison Suarez, pemilik sebuah coffee shop bernama Compass Coffee di Washington DC menciptakan Espresso Cola.

Kenapa Mike Haft dan Harrison Suarez memilih Coca Cola sebagai campuran espressonya ternyata tak jauh-jauh dari selera orang Amerika yang tak bisa dipisahkan dari brand yang satu ini. “Apa yang lebih Amerika dari kopi dan Coca Cola? Untuk itu kami menggabungkan keduanya,” kata mereka. Espresso Cola memberikan energi yang dibawa oleh kafein pada kopi dan tetap terasa segar karena Coca Cola memberi kesegaran yang disukai siapa saja.

Espresso Cola khas Compass Coffee dibuat dari coffee blend yang terdiri dari kopi Brazil, Guatemala dan Sumatera. Mereka memilih ketiganya karena menurut mereka ketiga biji ini mengandung cocoa dan nutty yang tinggi. Sehingga mampu menyeimbangkan rasa manis yang terkandung di dalam Coca Cola. Double shots espresso “dilebur” bersama sebotol Coca Cola menjadikan Espresso Cola minuman alternatif bercita rasa berbeda.

Cara membuat Espresso Cola:

  1. Siapkan double shots espresso. Gunakan biji kopi yang disangrai medium atau medium to dark.
  2. Satu botol Coca Cola ukuran sedang.
  3. Masukkan Coca Cola ke dalam gelas sedang.
  4. Lalu tuangkan espresso ke dalamnya.
  5. Jika kamu menyukai minuman yang dingin, tambahkan batu es untuk melengkapinya.
  6. Oh iya, jika kamu tidak menyukai espresso, kamu juga bisa menggantinya dengan menggunakan cold brew coffee yang telah dikonsentratkan.
  7. Selamat mencoba.

 

Disunting dari bonappetit.com

5

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments
  1. Apakah benar ada efek buruk yang ditimbulkan dari minuman cola yang dicampur dengan kopi ? Seperti misalnya masalah kenaikan asam lambung ? Apabila menggunakan biji kopi yg tepat, efek Ini bisa dihilangkan ?

Leave a Reply

Your email address will not be published.