ESPRESSO DENGAN JAHE. APAKAH NIKMAT?

Kopi memang mampu membuat kreativitas yang biasa-biasa saja menjadi ada-ada saja. Setelah espresso dengan potongan lemon, batu es, gula merah dan kini dengan jahe. Hmm, bagaimana menurut kamu?

KITA semua paham benar jika jahe telah lama dijadikan campuran untuk minuan secara turun-temurun. Ada namanya bandrek, wedang, ronde dan lain sebagainya yang menjadikan jahe minuman nikmat, berkhasiat dan baik untuk tubuh. Selesai dengan minuman tradisional yang dicampur jahe, maka muncullah kopi-kopi yang menggunakan jahe sebagai bahan bakunya. Sebut saja Ginger Latte, Ginger Frappucino, Ginger Coffee Iced Blended dan banyak lagi. Semuanya sepakat bahwa jahe nikmat jadi campuran minuman kopi. Sedap!

Tak selesai sampai di minuman dingin dan manis, jahe juga digunakan beberapa teman saya (dan mungkin beberapa barista di belahan dunia lain) sebagai campuran kopi hitamnya. Di sebuah artikel saya membaca sang barista mencampuran potongan jahe pada Americano-nya. Juga ada yang menggunakan air yang direndam jahe untuk air seduhan menggunakan Hario V60. Sensasi jahe dinilai menarik dan menambah pengalaman unik dalam cangkir kopi tiap orang. Dan seperti ditebak kopi selalu bisa menjadi ruang eksplorasi dengan eksperimen ini itu secara seru.

credit: perfect daily grind

Pada situs home-barista.com, sang penulis berbagi keseruan menikmati secangkir espresso dengan jahe. Apa jadinya secangkir espresso yang kental, intens dan full-bodied dicampur dengan rasa jahe yang unik, pedas dan panas itu? Menurutnya espresso dengan jahe justru memberi nikmat yang menyenangkan. Disarankan untuk menggunakan jahe yang diparut atau potongan jahe yang kecil saja untuk dicampur ke dalam espresso. Dan voila! espressomu mungkin takkan pernah sama sensasinya dengan sebelumnya.

Saya sendiri sudah mencoba espresso dicampur dengan potongan jahe dan sepakat espresso rasanya sungguh berbeda. Disarankan menggunakan jahe yang segar dan baru dipotong (bukan sisa jahe yang sudah terdiam lama di kulkas). Untuk espresso-nya disarankan pilih house blend favoritmu yang nikmat itu. Mari sama-sama mencoba ginger espresso untuk pengalaman ngopi yang lebih hangat, lebih melekat.

Jika sudah coba sila share pengalamannya di kolom komen ya!

Foto utama dari regmedia.co.uk

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.