EXTRACTION & CONNECTION VOL 1 DI PARTNER 8 MEDAN

MEDAN adalah kota yang mendapat imbas geliat industri kopi yang bermekaran di seluruh negeri. Dan salah satu cara merayakannya adalah dengan membuat ajang titik temu ‘orang kopi’ seperti yang dilakukan kedai kopi Partner 8 Medan dalam acara Extraction & Connection Volume 1.

Para speaker di Extraction & Connectio Volume 1: Novrin Situmorang, Febriyanto Gho, Denny Sitohang

TERIKNYA Medan siang itu tidak menyurutkan para penikmat, barista, dan pelaku industri di Medan untuk tumpah ruah ke coffee shop bernama Partner 8 yang berlokasi di Jalan Setia Budi Medan. Ada sebuah event kopi tempat semua orang bertemu dan berbagi apa saja seputar kopi. Tak hanya pelaku industri kopi di Medan seperti Denny Sitohang owner dari Omerta Koffie, Febriyanto Gho roaster dari Aghara Coffee Roaster dan Q-Grader Novrin Situmorang yang didaulat menjadi pembicara, tapi dua barista ibukota Viki Rahardja sang latte art hustle dan Della Mifti barista dari Coffee Smith Jakarta pun ikut diboyong ke Partner 8.

Cupping Session bersama Q-Grader Novrin Situmorang

Acara dimulai dengan ngobrol santai seputar industri kopi. Mulai dari pemilihan biji, coffee-trade hingga proses sangrai. Kemudian dilanjutkan dengan berdiskusi seputar cupping yang kemudian diadakan cupping session beramai-ramai yang digawangi oleh Novrin Situmorang. Antusiasme para penikmat kopi yang datang pun tak surut dengan panasnya cuaca siang itu. Maklum, acara memang diadakan di outdoor mengingat space di indoor tidak bisa menampung pengunjung yang datang.

Cupping session untuk menemukan aroma dan rasa kopi

Setelah fun cupping session usai, maka Viki Rahardja & Della Mifti pun mengambil alih panggung. Mereka berdua berbagi banyak hal seputar dunia kopi dan melakukan sesi tanya-jawab bagi pengunjung yang penasaran soal industri kopi yang kedua tokoh ini jalani. Karena hari semakin sore dan pengunjung tampaknya sudah tidak sabar dengan demo kopi maka Viki Rahardja langsung berada di coffee bar bermain dengan mesin espresso yang sudah disediakan.

Sang bintang tamu Viki Rahardja & Della Mifti

Beragam latte art tips dan demo dilakukan di sana. Viki Rahardja memang sungguh jagoan kalau soal latte art. “Saya tertarik dengan sesuatu yang visual. Oleh karena itu, saya memilih latte art sebagai pilihan awal menggeluti dunia kopi,” katanya sambil menuang susu pada espresso dengan ketrampilan kelas juara.

Selesai dengan Viki, kini Della Mifti menduduki singgasana brew bar. Perempuan yang satu ini mengaku dia memiliki ketertarikan lebih dengan seduh manual. Ada beberapa alat seduh manual yang dia demokan di sana. Mulai dari Kalita Wave, Aeropress hingga French Press. Asiknya lagi semua yang datang bisa mencicipi kopi dari barista yang satu ini.

Della Mifti dari Coffee Smith Jakarta mengambil alih brew bar

Untuk saya, event Extraction & Connection ini bukan hanya sekedar ajang berbagi perihal kopi dan seluk-beluknya. Tapi juga menjalin silaturahmi dan wadah temu untuk semua yang terlibat di dunia kopi. Salut untuk Partner 8 dan timnya yang sudah mengadakan ajang seperti ini. Ditunggu acara kopi lainnya. Salam #MengopikanIndonesia.

Foto oleh Sarah Muksin

1,645 total views, 6 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.