FILTER BLEND: SEBUAH PENGALAMAN MENYEDUH

Ilmu seduh menyeduh memang dinamis. Hal ini yang menyebabkan kopi tak habis-habis diulik dengan keseruan yang beragam.

SEMAKIN ke sini semakin saya yakin bahwa kopi adalah keseruan. Tak akan pernah habis cerita tentang kopi untuk digali. Pun pengalaman menyeduh dari hari ke hari semakin seru saja. Baru-baru ini (meski ini tak baru) saya diberi 200 gram kopi yang katanya adalah filter blend. Filter blend sendiri berarti biji kopi yang terdiri dari beberapa single origin. Bisa beragam jenis varietas, proses pascapanen maupun berbeda segalanya yang diracik oleh roaster dan dikhususkan untuk seduh manual.

Foto dari osu.edu

Dahulu saya pikir segala yang blend hanya bisa diperuntukkan kepada espresso dan turunanya. Tentu saya sudah tak asing dengan espresso blend atau house blend yang merupakan campuran biji kopi yang diracik untuk menghasilkan espresso dan minuman turunannya. Namun filter blend untuk saya pribadi adalah sebuah kebaruan. Sebuah hal yang begitu menggairahkan. Saya tak biasa menyeduh dengan pour over menggunakan biji kopi yang dicampur. Sudah kebiasaan menyeduh dengan single origin yang satu dan satu-satunya.

Namun ternyata tak ada yang bisa menandingi keseruan mencoba sesuatu yang baru. Filter blend ini hadiah seorang teman yang memiliki micro-roastery. Dia menggabungkan dua single origin dari kebun kopi yang sama tapi berbeda proses pascapanennya. “Ini biji kopi yang sama tapi diproses pascapanen berbeda. Ada fullwashed dan natural di sini dengan persentase 40% natural dan 60% fullwashed,” katanya sambil senyum-senyum karena tahu saya tak pernah menyeduh kopi begini. Ternyata hasilnya sungguh menyenangkan. Saya mendapatkan rasa buah yang tinggi namun tetap clean dan kompleks. Saya tak pernah menyangka ini lahir dari filter blend. 

credit: highergroundstrading.com

Menurut roaster yang memberi kopi ini untuk membuat filter blend mereka tak hanya sembarangan campur saja. Karena tidak semua biji kopi cocok dicampur bersama. Jadi harus melakukan beberapa riset kecil dan cupping sebelum menghadirkan filter blend yang memberi rasa menyenangkan. Dan setelah pengalaman pertama saya dengan filter blend kemarin, beberapa teman lain pun mulai meluncurkan filter blend seasonal. Mulai dari Christmas Blend yang terdiri dari beberapa single origin berbeda hingga Holiday Blend yang juga dibuat dengan beberapa single origin berbeda namun dibuat juga untuk manual brew. 

Untuk kamu yang sudah sering menyeduh dengan filter blend, pasti setuju betapa seru dan nikmatnya. Namun jika belum, ayo mari cobalah segera demi pengalaman yang lebih seksi!

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.