FITUR FUNGSI WAKTU PADA TIMBANGAN DIGITAL

Siapa pun yang mencintai sajian kopi, inginkan hasil seduhan kopi nikmat dan konsisten untuk sajian kopi berikutnya.

PROSES seduh kopi tidak hanya istilah menjelaskan tentang bertemunya air dengan bubuk kopi, lebih dari itu seduh kopi merupakan momentum spesial bagi pecinta kopi. Sebabnya banyak pecinta kopi yang menyempurnakan teknik seduh kopi mereka dengan menggunakan peralatan kopi sesuai untuk menjemput suasana ngopi berkualitas. Peralatan kopi yang mendukung teknik seduh akan dengan mudah hasilkan sajian kopi yang diinginkan, dari mulai pemilihan kettle, coffee server hingga digital scale.

Sejatinya, untuk mendapatkan hasil sajian kopi yang akurat tentu para pecinta kopi memiliki resep seduh kopi andalan masing-masing. Namun, resep seduh kopi tersebut tidak akan tercipta tanpa eksperimen yang panjang. Dari mulai rasio kopi dan air, jenis gilingan kopi, karakter biji kopi, hingga langkah detail proses seduh kopi. Sebabnya, untuk memungkinkan hasil sajian kopi nikmat setiap proses seduhan kopi, perlu langkah detail yang terukur dan mudah diikuti kembali, yaitu waktu. Penggunaan coffee scale tentunya penting, namun coffee scale dengan fitur timer (penghitung waktu) menjadi lebih spesial.

credit: acaia.co

Pernahkah mencari tau bagaimana seorang barista selalu bisa sajikan kopi yang nikmat, mungkin jawabannya karena sudah biasa, atau intuisinya yang hebat. Padahal tidak demikian juga, semua proses seduh dipandu secara sistematis dan bisa diukur sehingga sajian kopi selanjutnya tetap sama dengan sajian kopi sebelumnya. Dari mulai penggunaan air seduhan dan gramasi bubuk kopi, ditimbang dengan jumlah yang sama setiap seduhannya. Bahkan cara menyeduhnya pun tidak ada yang berbeda, sebabnya penting fitur timer pada timbangan digital. Memantau setiap detik air dituang dan perlahan mengekstraksi bubuk kopi menjadi hasil sajian kopi yang diinginkan.

Seorang Juara World Brewers Championship 2014, Stefanos Domatiotis menciptakan resep kopi pour over detail tiap detik proses seduh kopinya. Sehingga resep kopi ini memungkinkan selalu konsisten hasilkan sajian kopi yang diinginkan, memaksimalkan penggunaan fitur timer pada timbangan digital.

credit: roesttrommel.de

Resep Pour Over sajian kopi 250ml
Rasio 1:16,7
Biji Kopi 15gr
Suhu air seduhan 93°C
Dripper GEM Series dari Brewista
Pouring 4 tahap
– 40-50ml selama 8-10 detik waktu tuang, jeda 30 detik
– 70ml selama 15 detik waktu tuang
– 40ml selama 10 detik waktu tuang, jeda 20 detik
– 90-100ml tuang sisanya, selama 60 detik waktu tuang
Total waktu seduh sekitar 2 menit 10detik.

Terlihat bagaimana timer pada timbangan digital membantu sajian kopi tetap konsisten. Walau pun tidak ada fitur timer pada timbangan digital, bisa juga manfaatkan hitungan waktu dari jam tangan. Jika kamu punya catatan resep sajian kopi favorit, yuk berbagi di sini.

img coffeechronicler.com

 

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.