FORE COFFEE: THE NEXT GENERATION OF COFFEE SHOP

Kedai kopi yang mengusung konsep futuristik, spesialti dan sekaligus eco-friendly di saat bersamaan.

FORE Coffee adalah sebuah start-up bermodel bisnis kedai kopi yang hadir untuk mempersembahkan kopi-kopi berkualitas tinggi bagi seluruh pencinta kopi di tanah air. Didirikan pada Agustus 2018, Fore Coffee lahir untuk turut meramaikan geliat industri kopi yang kian bergairah terutama sejak beberapa tahun terakhir, dan juga berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi positif di Indonesia.

Fore Coffee merupakan abreviasi dari kata forest, yang berarti hutan. Nama ini diadaptasi dengan harapan agar kedai ini dapat berkembang tinggi menjulang, cepat, kuat dan sekaligus memberikan kehidupan bagi lingkungan sekitarnya, seperti halnya sifat hutan. Kehidupan dalam hal ini bukan hanya berbicara tentang menciptakan lapangan kerja, tapi juga menyajikan kopi-kopi spesialti terbaik yang sudah selayaknya dinikmati oleh masyarakat Indonesia sebagai salah satu negara penghasil kopi terbesar di dunia. Sehingga, pada akhirnya, keseluruhan rangkaian proses ini dapat ikut membantu kesejahteraan para petani kopi di Indonesia pula sebagai hulu perjalanannya.

Salah satu bentuk kolaborasi Fore dengan Disney untuk merayakan ulang tahun Disney yang ke-90.

Kedai Fore Coffee hadir dengan gagasan inovatif yang menggabungkan konsep antara futuristik, ramah lingkungan, dan juga keunggulan kualitas. Konsep ini dapat dijabarkan sebagai berikut:

Futuristik. Semua gerai dan cabang Fore Coffee menggunakan mesin-mesin berteknologi tinggi, mulai dari mesin espresso (memakai standar mesin Kees van der Westen yang terkenal canggih baik dari segi fitur maupun kualitasnya), mesin grinder Mazzer, hingga alat-alat lain yang digunakan di sepanjang proses pembuatan kopinya. Dengan dukungan mesin-mesin canggih ini, tujuannya tentu saja untuk memberikan kopi-kopi terbaik yang disajikan dengan sepenuh hati bagi seluruh pelanggannya.

Gerai Fore Coffee yang berkonsep futuristik natural.
Aplikasi Fore yang bisa diunduh di sistem operasi iOS App Store dan Google Playstore.

Selain itu, Fore Coffee sebagai coffee shop juga telah memiliki aplikasi mobile sendiri yang bernama sama, Fore Coffee. Aplikasi mobile yang bisa diunduh di sistem operasi iOS App Store dan Google Playstore ini disebut-sebut sebagai sebuah inovasi di kelasnya, karena mendobrak pembatas antara pelanggan dan kedai kopi. Jika selama ini penikmat kopi umumnya merasa harus ngopi di kafe, atau di coffee shop, kini mereka bisa melakukannya dimana saja dan kapan saja hanya dengan sebuah aplikasi Fore Coffee.

Melalui aplikasi ini, para pelanggan yang ingin memesan kopi, ataupun mengetahui berbagai informasi produk/layanan yang mereka inginkan, bisa melakukannya dengan begitu mudah yaitu hanya dengan satu genggaman dan satu klik di layar ponsel. Dan pada akhirnya ini memenuhi salah satu misi kedai ini sendiri, yaitu FOREnergy dimana Fore mendambakan para pelanggannya bisa mendapatkan kembali energi setelah menikmati sajian kopi-kopi berkualitas… dengan cara mudah tentu saja.

Segala kemudahan dan cara pemesanan yang sangat praktis ini menjadikan aplikasi Fore Coffee kemudian telah diunduh lebih dari 100 ribu hanya dalam waktu sebulan peluncurannya. Pencapaian ini sekaligus menempatkannya di urutan nomor satu Top Free App untuk kategori Food & Drink.

 

Eco-friendly. Sebagian besar material yang digunakan untuk menyajikan berbagai menu di Fore Coffee merupakan bahan yang ramah lingkungan. Sebagai salah satu pelaku industri kopi yang karenanya juga turut memegang peranan penting dalam keberlangsungan lingkungan hidup (environmental sustainability), Fore Coffee ingin berkontribusi dan memberikan dampak positif untuk alam sekitar. Hal ini bersinergi dengan konsep FOREnvironment dan FOREcosystem yang dianutnya. Fore Coffee yang telah menerima kebaikan alam berupa hasil bumi kopi ingin mengembalikan kebaikan yang sama bagi alam. Dari bumi untuk bumi, FOREarth.

Salah satu outlet Fore Coffee.
Material yang digunakan untuk menyajikan menu-menunya sebagian besar organik dan eco-friendly.
Selain futuristik, konsep vertical garden juga adalah ciri khas outlet Fore Coffee.

Setiap outlet dan gerai Fore Coffee memiliki ciri khas khusus, yaitu tampilan desain interior yang serba putih dengan berbagai dekorasi tanaman, juga konstruksi vertical garden. Ke gerai Fore Coffee manapun Anda pergi, Anda akan mendapati ciri khas demikian. Hal ini sekaligus menjadi semacam peneguhan terhadap komitmen dan semangat penyelamatan lingkungan yang Fore usung sejak awal.

Metode pencahayaan yang terang dan penggunaan warna-warna cerah minimalis yang mengesankan konteks futuristik dan modern juga merupakan signature theme dari desain interior Fore Coffee. Dengan kata lain, konsep desain interior setiap gerai Fore Coffee yang menggabungkan konsep alami (hijau) dan putih ini seolah menterjemahkan bahwa mereka mereka ingin membawa sepotong suasana hutan yang segar di tengah lingkungan perkotaan yang modern dan cenderung sibuk. Memberikan suasana yang nyaman dan relaksasi bagi pelanggan.

 

Kualitas. Fore Coffee hanya menggunakan kopi-kopi Arabica pilihan dari berbagai daerah di Indonesia, dan didapatkan secara langsung dari perkebunan-perkebunan organik dengan mengusung prinsip direct and fair trade. Selain agar dapat mengawasi secara langsung kualitasnya—hanya kopi berkualitas terbaiklah yang akan digunakan, prinsip ini juga dimaksudkan untuk membantu meningkatkan taraf hidup para petani lokal.

Setelahnya, kopi-kopi yang telah melewati proses seleksi ini akan disangrai sendiri untuk menjaga kesegarannya, dengan menggunakan mesin roasting yang juga berteknologi tinggi dan oleh roaster berpengalaman. Selanjutnya, kopi-kopi ini akan diolah secara professional oleh para barista terlatih untuk menyajikan yang terbaik sesuai dengan pesanan dan keinginan pelanggan.

Sejumlah menu-menu kopi yang ditawarkan Fore Coffee pun bervariasi, bukan hanya espresso-based yang umumnya dicari penggemar berat kopi saja tapi juga menu-menu minuman lain yang dibuat dengan berbagai campuran seperti susu dan sirup. Minuman-minuman ini umumnya ditujukan bagi pelanggan yang ingin menikmati menu yang lebih ringan dan flavorful dimana komposisinya tetap menggunakan bahan berkualitas tinggi, antara lain fresh milk yang bermutu bagus dan juga sirup-sirup berbahan alami sehingga sehat untuk dikonsumsi.

Rose latte yang merupakan hasil kolaborasi dengan Olivia Lazuardi, fashion blogger kondang di Indonesia.

Salah satu menu spesial yang belakangan kian digemari oleh banyak pecinta kopi adalah Rose Latte. Menu khusus dari Fore Coffee ini merupakan hasil kolaborasi dengan Olivia Lazuardy, seorang fashion influencer yang cukup populer di Indonesia, dimana komposisi menu minuman ini dibuat dengan menggunakan Hibiscus rose, yaitu spesies bunga mawar khusus yang bisa dikonsumsi dan diimpor langsung dari Perancis.

 

Baru-baru ini Fore menjalin kerjasama dengan Disney Indonesia untuk merayakan ulang tahun Disney ke-90. Hasil kolaborasi itu salah satunya tampak dari cups Fore edisi khusus yang menampilkan Mickey, sebagai maskot Disney, pada desainnya. Di masa depan, Fore Coffee memiliki cita-cita untuk terus menjaga komitmennya dan tetap memberikan yang terbaik agar seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali dapat menikmati kopi-kopi berkualitas—dengan harga terjangkau.

 

Yulin Masdakaty

Tukang nulis yang menyukai animasi, film-film pahlawan super, dan jalan-jalan—sambil minum kopi.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.