FRANK ONE : SEDUH DALAM SEKALI SENTUH

Kopi itu istimewa. Salah satu keistemewaannya adalah kerap membuat penikmatnya bereksplorasi menemukan cara terbaik dalam menikmatinya. 

DAN cara terbaik dalam menikmati tiap orang tentulah berbeda-beda, sangat subjektif dan terkungkung banyak faktor. FrankOne, salah satu alat seduh termutakhir yang diciptakan di Kolombia menginginkan secangkir kopi yang “lebih manis” dalam kesempurnaan dan kemudahan proses seduh. Oleh karena itu, FrankOne yang sekarang masih dipasarkan di Kickstarter ini tampaknya mampu menjawab keinginan penikmat kopi yang gemar menikmati kopi dengan mudah tanpa kehilangan esensi nikmat coffee specialty.

Adalah Luis Fernando Vélez seorang veteran kopi di Kolombia yang juga pemilik dari specialty roasters terbesar di Kolombia,  Amor Perfecto. Yang diajak berkolaborasi oleh Eduardo Umaña, seorang engineer muda yang passionate. Berdua mereka mengembangkan FrankOne sebuah alat seduh yang saya sebut “seduh dalam sekali sentuh”. Karena memang untuk menggunakannya hanya perlu satu sentuhan saja.

FrankOne mengambil teknologi vacuum dalam proses seduhnya. Bentuknya yang berupa tabung pipih tinggal diletakkan di atas carafe kopimu saja. Masukkan bubuk kopi, campurkan air panas dan voila tekan tombolnya dan jadilah sacangkir kopi dengan kenikmatan sempurna.

FrankOne mampu menghapus rasa pahit secara signifikan karena menahan krema di atas dan tidak terikut pada hasil seduhan akhir. Mereka percaya bahwa terkadang pahit krema justru merusak rasa kopi yang memang sudah nikmat. FrankOne yang berkapasitas sekitar 350 ml atau setara dengan dua cangkir ini menggunakan tenaga baterai yang bisa di-charge dari kabel USB layaknya smartphone. Jadi sangat praktis sekali, ya!

Tak hanya bisa menyeduh kopi panas saja, FrankOne juga bisa dipakai untuk menyeduh dingin atau cold brew. Bayangkan jika cold brew membutuhkan waktu kurang-lebih 7 jam, maka FrankOne bisa memangkas waktunya menjadi 4 menit saja. Wow! Selain itu, dengan bereksperimen dengan level gilingan, jumlah air dan lain-lain untuk menghasilkan ragam rasa kopi.

Pun jika kamu ingin menikmati secangkir espresso, FrankOne bisa mewujudkannya dengan rasio 25 gram kopi, 75 ml air dan menggunakan level gilingan halus layaknya espresso. Di website-nya sendiri dijelaskan ada banyak cara menikmati kopi dengan FrankOne karena alat seduh satu ini memang dibuat agar penikmatnya mampu menemukan kenikmatannya sendiri!

Artikel dan foto disunting dari frankdepaula.com dan kickstarter

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.