MENGAPA HARUS PUNYA FRENCH PRESS DI RUMAH

Penikmat kopi percaya bahwa tiap metode seduh memiliki cara yang khas, untuk menarik perhatian para pecinta kopi dari hasil ekstraksi kopi yang tersaji, begitu pula dengan metode seduh french press.

INGIN menikmati secangkir kopi lebih mendalam, sangat mungkin jika kita menyeduh kopi sendiri di rumah, sehingga kita mendapatkan pengalaman ngopi lebih sering. Berbeda jika kita menikmati secangkir kopi di kedai kopi, tentunya pengalaman hanya sebatas sajian yang disajikan di kedai kopi untuk kita. Berbeda jika kita memiliki alat seduh di rumah, kita bisa menikmati secangkir kopi sesuai keinginan kita, mengeksplorasi rasa, bereksperimen dengan sajian kopi lainnya, dan banyak hal lainnya yang menarik untuk dilakukan jika kita punya alat seduh sendiri di rumah.

Metode seduh sangat banyak ragamnya, hanya saja pilihlah yang sesuai dengan gaya seduh kita, jadi membuat kopi di rumah akan terasa lebih hikmat. Setidak ada beberapa alasan mengapa harus punya french press, semoga membantu kita yang sedang mencari alat seduh kopi untuk di rumah.

credit: packmycoffee

SANGAT SEDERHANA DENGAN METODE IMMERSION
Seduh kopi dengan french press hanya membutuhkan air panas dan bubuk kopi, jadi tidak perlu khawatir kesulitan menggunakan french press untuk seduh kopi sendiri di rumah. Untuk yang pertama kali mencoba buat kopi sendiri pun terbilang sangat ramah, hanya menuangkan bubuk kopi ke dalam french press, tuang air panas, kemudian biarkan air panas merendam bubuk kopi untuk ekstraksi, pasang plunger french press maka selanjutnya sajian kopi siap saji. Kita hanya perlu mengendalikan berapa lama bubuk kopi akan direndam air panas, waktu yang lama akan membuat kopi lebih kuat dan agak pahit, sedangkan waktu yang singkat akan membuat karakter rasa kopi lebih ringan dan sedikit pahit.

TANPA PAPER FILTER
Pada umumnya metode seduh kebanyakan menggunakan paper filter dalam proses seduhnya, berbeda dengan french press. Seduhan kopi menggunakan french press tidak perlu menggunakan paper filter, semua rasa yang terlepas karena ekstraksi tidak akan hilang atau pun tertahan oleh paper filter. Bubuk kopi direndam dengan air panas sehingga semua senyawa rasa dari kopi akan terlepas termasuk juga kandungan minyak pada kopi, karakter rasa akan lebih terasa penuh di mulut.

PROSES SEDUH YANG SEBENTAR
Untuk seduhan kopi yang sederhana, french press terbilang proses seduh kopi yang sebentar. Karena hanya memberikan waktu air panas untuk merendam bubuk kopi, bahkan kekhawatiran akan ekstraksi yang tidak menyeluruh dengan french press hal itu tidak perlu dikhawatirkan. Biasanya menggunakan metode drip, yang mana bubuk kopi dialiri air panas, kemungkinan ada beberapa ruang yang belum terekstraksi optimal sehingga perlu kemampuan pada saat pouring, dengan french press ekstraksi bubuk kopi menyeluruh walau pun dengan teknik pouring yang biasa saja.

credit: barista.by

SUHU SAJIAN KOPI TERJAGA
Dengan french press, suhu optimal sajian kopi tetap terjaga sehingga akan lebih terasa nikmat ketika diteguk, berbeda dengan metode drip yang memerlukan waktu yang lama, sehingga suhu ekstraksi dan suhu sajian akan berbeda dan karakter rasa tentunya sudah berbeda. Beberapa orang ada yang lebih senang menikmati secangkir kopi mereka pada suhu sajian yang masih terjaga, beberapa orang lainnya ada yang lebih senang menikmati kopi pada suhu sajian yang sedikit agak menuruh suhu sajiannya.

TAK PERLU KHAWATIR KONTAMINASI RASA
Beberapa orang khawatir menggunakan alat seduh kopi yang memiliki bahan yang terbuat dari plastik, tapi jika menggunakan french press tidak perlu khawatir. Karena umumnya alat seduh french press didesain dengan bahan kaca yang tahan panas, sehingga tidak perlu khawatir rasa kopi terkontaminasi dari bahan alat seduh kopinya. Menggunakan french press juga tidak perlu menggunakan paper filter, jadi kemungkinkan rasa kopi terkontaminasi dari zat yang ada pada paper filter tidak ada.

MUDAH DIBAWA KE MANA SAJA
Bentuknya yang tidak terlalu besar, sangat mudah untuk dibawa ke mana-mana, dimasukkan ke dalam tas untuk nantinya membuat sajian kopi di mana pun kita berada. Jadi, sangat mungkin french press ini untuk dibawa ke mana-mana guna memenuhi kebutuhan ngopi, asalkan ada air panas maka french press bisa digunakan untuk membuat kopi..

SERBA GUNA
Menggunakan alat seduh french press, bukan berarti hanya bisa digunakan untuk membuat sajian kopi biasa, kita bisa bereksprerimen akan sajian kopi lainnya. Karena dengan french press kita juga bisa membuat sajian iced coffee, atau pun cold brew, bahkan untuk sesekali membuat teh favorit juga bisa menggunakan french press.

MUDAH DIBERSIHKAN
Karena desainnya yang simpel, french press sangat mudah untuk dibersihkan, tidak ada sisi sulit yang tidak terjangkau ketika dibersihkan. Belum lagi bahannya yang terbuat dari kaca tahan panas ini, memudahkan kita untuk membersihkan bagian dalam dari french press.

credit: seriouseats

Semacam catatan, penikmat kopi yang mencintai seduhan kopi dari french press punya trik tersendiri yang saling dibagikan di tengah obrolan seru tentang cara seduh kopi dengan french press.

MENGATASI BUBUK KOPI YANG MENGAMBANG
Terkadang menggunakan french press, dalam jumlah yang sedikit bubuk kopi terikut ketika dituang ke cangkir untuk disajikan, sedikit tips untuk mengatasinya. Ketika waktu penyeduhan sudah selesai, sebelum memasang plunger untuk menekan bubuk kopi ke bawah, ambil sendok untuk mengambil/menenggelamkan bubuk kopi yang masih ada di permukaan french press. Sehingga mengurangi jumlah bubuk kopi yang terikut ketika dituang ke cangkir kopi.

MEMBUAT COLD BREW DENGAN FRENCH PRESS
Secara umum untuk membuat cold brew, tentunya menggunakan air dengan suhu yang normal kemudian biarkan bubuk kopi terendam dan masukkan ke kulkas selama 12 jam.
Tapi beberapa orang masih bingung membuat cold brew menggunakan french press, sedikit saran untuk memudahkan membuat cold brew dengan french press. Rasio yang digunakan 1:7, sekitar 100gr bubuk kopi dan 700ml air, selanjutnya sebelum memasukkannya ke kulkas, aduk bubuk kopi dan tunggu selama 12 jam, maka cold brew siap saji. Lebih nikmat disajikan menggunakan ice cube, atau pun ditambah dengan flavor notes lainnya dari sirup.

MEMAKSA BUBUK KOPI TERLALU DALAM
Ternyata memaksa bubuk kopi ditekan terlalu kuat, malahan berpotensi melepaskan senyawa rasa yang kurang nikmat. Selama kurnag lebih 4 hingga 5 menit, bubuk kopi akan diberi waktu untuk melepaskan senyawa rasa yang nikmat seperti rasa asam, manis yang ringan, aroma oily, dan karakte rasa lainnya. Hanya saja jika dipakasa bubuk kopi untuk ditekan kembali, setelah lebih dari 5 menit, yang terlepas hanya karakter rasa yang kurang nyaman.

Bagaimana, ingin menambah koleksi alat seduh kopi kamu di rumah?

src: brewandbiscotti.com thrivaholic.com javapresse.com img: videoblocks

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.