Tips

FUN QUIZ: KEDAI KOPI APA YANG COCOK UNTUKMU?

Credit : nutritionhustle.com


Memilih kedai kopi yang cocok dengan selera kita kadang seperti memilih jodoh. Susah-susah gampang dan pasti gampang-gampang susah.

KOPI mungkin bisa sama hitam tapi cara menikmati kopi setiap orang juga berbeda-beda. Selain cara menikmati, tempat di mana kopi itu dinikmati pun bisa beragam pula. Tak semua orang setuju bahwa coffee shop yang ‘ini’ adalah tempat yang asik. Pun tak semua orang tahu kedai kopi seperti apa yang benar-benar sesuai dengan keinginan mereka.

Dan di artikel fun quiz kali ini Otten Coffee ingin mengajak pembaca sedikit bersenang-senang dengan kuis kecil-kecilan. Yang kelak diharapkan mampu memberi jawaban kedai kopi yang bagaimana yang sebenarnya sesuai dengan selera dan kemauan kita semua. Mari simak beberapa pertanyaannya, jawab dengan seksama dan temukan coffe shop yang benar-benar jodoh padamu. Selamat bermain.

the-assembly-ground-singapore

1. Sebelum meneguk kopi, apa yang pertama muncul di pikiran kamu?

a. Tidak ada pikiran apa-apa. Langsung teguk saja dan rasakan nikmatnya.

b. Memegang cangkirnya dengan kedua tangan. Entah kenapa suka sekali dengan hangat kopi yang menjalar pada cangkir.

c. “Ini kopinya sudah dikasih gula apa belum ya?”

2. Menurut kamu apa faktor utama yang memengaruhi suksesnya sebuah kedai kopi?

a. Harga kopinya.

b. Rasa kopinya.

c. Pelayanan di kedai kopinya.

3. Kopi paling nikmat yang pernah kamu coba sejauh ini kopi apa?

a. Kopi tubruk buatan ibu. Sedap benar tiada banding.

b. Ethiopia Sidamo diseduh dengan manual brew pour over V60. 

c. Caramel Machiato. Kopi yang manis memang membuat hidup jauh lebih manis.

crematology-coffee-roasters

4. Seberapa sering kamu ngopi di coffee shop?

a. Tidak terlalu sering kalau di coffee shop modern. Lebih suka seduh di rumah dan nongkrong di kedai kopi tradisional sama teman-teman sambl main kartu.

b. Lumayan sering. Biasanya suka mampir ke coffee shop langganan kalau mereka lagi ada guest beans. Soalnya suka coba-coba minum single origin baru.

c. Sering dong. Apalagi kalau coffee shop-nya sering ngasih diskon atau promo-promo gitu makin seringlah ngopi di sana.

5. Jika diberi kesempatan memiliki kedai kopi sendiri, kira-kira kamu ingin konsep kedai kopimu itu seperti apa?

a. Yang sederhana dan tidak mewah asal pengunjung nyaman duduk berlama-lama. Kalau bisa disediakan kopi seduh manual tradisional berbagai daerah seperti kopi saring, kawa daun, kopi tubruk dan lain-lain.

b. Konsepnya minimalis dan kalau bisa monocrome saja. Yang penting lengkap menu kopi espresso base dan manual brew-nya. Single origin-nya juga harus beragam biar orang-orang nggak bosan dan banyak pilihan.

c. Yang modern dan nyaman. Banyak promo dan diskonnya. Ya, kurang lebih seperti Starbucks.

Credit : seriouseats.com

Credit : seriouseats.com

6. Bagaimana kamu memaknai kopi?

a. Seperti hidup, kopi itu memiliki sisi pahit dan hitam yang tak bisa terpisahkan. Karena jika tak pahit dan hitam maka itu bukanlah kopi, bukanlah kehidupan.

b. Kopi adalah proses. Tak selalu tentang cita rasa pada cangkir, tetapi sebuah perjalanan panjang yang melibatkan banyak kerja keras sebelum sampai ke tegukan.

c. Kopi tak melulu pahit saja. Karena cita rasa kopi kita yang tentukan. Kopi juga berhak diberi rasa manis agar tak membosankan.

JAWABAN

Lebih Banyak A: Kedai Kopi Tradisional

Kamu adalah tipikal peminum kopi klasik nan tradisional. Buatmu kopi adalah tentang hitam dan pahit yang memikat. Kamu tidak perlu kedai kopi modern dengan interior mewah dan mesin espresso yang super mahal. Karena buatmu kopi adalah tentang rasa dan kebersamaan. Kedai kopi yang cocok untuk kamu adalah kedai-kedai kopi tradisional yang penuh sejarah seperti kedai kopi tiam, kedai kopi yang menyajikan menu-menu turun-temurun seperti kopi saring khas Aceh dan lain-lain. Kopi robusta yang diseduh dengan air panas, kental dan menyisahakan ampas adalah favoritmu. Kamu tahu benar rasa kopi masa lalu adalah pilihan terbaik saat menikmati kopi.

the-coffeenatics-medan

Lebih Banyak B: Specialty Coffee Shop

Sudah pasti kedai kopi yang pas buatmu adalah specialty coffee shop. Sebagai penikmat kopi the third wave era tentulah kedai kopi yang seperti ini yang kamu butuhkan. Nama-nama seperti Stumptown, Intelligentsia Coffee dan Blue Bottle adalah kedai-kedai kopi yang sesuai dengan jiwamu. Kamu adalah penikmat kopi yang mau belajar dan tak enggan berproses. Jenis-jenis minuman kopi yang diseduh dengan cara manual adalah favoritmu. Kamu juga tak keberatan mencoba segala yang baru demi menemukan cita rasa kopi terbaik.

Lebih Banyak C: Starbucks Generation!

Tak lain dan tak bukan Starbucks dan teman-temannya adalah coffee shop yang paling sesuai dengan dirimu. Kamu bukanlah coffee shop yang mengharamkan menikmati kopi yang diberi sentuhan gula dan flavour lainnya. Malahan kamu memang suka sekali dengan kopi manis yang tak menyisakan sisi pahit. Kamu tipikal peminum kopi yang gemar bersenang-senang. Menikmati kopi tak perlu terlalu serius karena minum kopi adalah perkara merayakan dengan suka cita.

Foto utama dari nutritionhustle.com

PAKET CAFE

 

4,247 total views, 9 views today

You Might Also Like

1 Comment

  • Reply
    yudi
    January 24, 2017 at 10:38 pm

    3 C’s for the first 3 numbers and 3 B’s for the remaining numbers.

  • Leave a Reply