FUNGSI LAIN FRENCH PRESS SELAIN MENYEDUH KOPI

French press adalah alat seduh manual paling umum yang dimiliki manusia di dunia. Seringnya french press digunakan untuk menyeduh kopi panas. Tak banyak yang tahu bahwa alat kopi ini memiliki ragam fungsi lain!

SAYA senang menggunakan french press untuk menyeduh kopi karena jauh dari kata ribet. Tak perlu teknik khusus, kopi yang dihasilkan french press umumnya tebal, aromatik dan memberi tendangan menyenangkan di pagi hari. Namun saya baru tahu bahwa french press ternyata adalah alat seduh cerdas yang memiliki ragam fungsi lain. Dia tak sesederhana kelihatannya. Dan berikut fungsi lain french press yang harus kamu ketahui!

credit: barista.by

Membuat Busa Susu

Suka menikmati cappuccino dengan busa susu yang tebal? Mari ciptakan cappuccino rumahan dengan menggunakan french press. Caranya siapkan kopi hitam seperti biasa. Lalu panaskan susu tapi jangan sampai mendidih. Susu panas tadi tempatkan pada french press lalu kocok hingga berbusa. Tipsnya jangan tekan sampai ke dasar french press tapi hanya sampai tengahnya saja. Dijamin busa susumu akan indah sempurna.

Menyeduh Teh

French press bukan hanya untuk kopi saja. Penikmat teh juga bisa menggunakan french press untuk menyeduh teh di rumah. Caranya pun hampir sama dengan menyeduh kopi. Tinggal masukkan teh pada french press, seduh dengan air panas, diamkan beberapa menit lalu tekan plunger-nya. Teh nikmat siap kamu nikmati.

Credit by pixstatic.com

Membuat Cold Brew

Tak punya cold brewer tapi ingin menikmati cold brew? Ambil french press-mu lalu buat cold brew sendiri.

Caranya pun cukup mudah. Cukup dengan ambil kopi yang sudah digiling lalu tempatkan pada french press. Setelah itu tuang air bersuhu ruang. Kamu bisa melakukan perbandingan 1:10 untuk air dan kopinya. Aduk beberapa kali. Tutup french press dan jangan tekan dulu plunger-nya. Tempatkan di lemari es kurang lebih 9-12 jam sesuai keinginan. Keesokan harinya tekan plunger-nya dan cold brew siap dinikmati. Kamu boleh menyaring cold brew-mu terlebih dahulu dengan paper filter untuk hasil yang lebih jernih.

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

2 Comments

Leave a Reply

Your email address will not be published.