GERAI KOPI ANTAR KOTA: RED FLOVER COFFEE

Gerai kopi di dalam mobil VW Combi mungkin sudah sering terdengar. Tapi pernahkah kalian mendengar bahwa ada VW Combi yang disulap menjadi gerai kopi dan melakukan perjalanan menebar semangat ngopi di beberapa kota di Indonesia?

SAAT mendengar ada VW Combi yang dijadikan kedai kopi dan menjelajah kota-kota untuk menebar nikmat dalam tegukan, kami sungguh bersemangat. Bagaimana tidak? Kami kira mobil kopi berjalan hanya ada di film Filosofi Kopi saja. Eh ternyata memang beneran ada mobil kopi yang berjalan dan berhenti di titik tertentu lalu menyapa penikmat kopi sementara waktu.

Adalah Red Flover Coffee yang diprakarsai oleh Stevie yang menggagas ide ini pada 2015 namun baru rampung dan berhasil diwujudkan pada 2018 di Semarang. Tak seperti VW Combi biasa yang menjadi hiasan gerai kopi, Red Flover benar-benar melakukan perjalanan antar kota. Dia sudah singgah di Semarang, Salatiga, Pekalongan dan kini Jakarta. Kami pun mendatangi Red Flover pada saat dia ‘mangkal’ di Mendem Irenk, sebuah gerai kopi yang sudah tak asing lagi.

Tak hanya satu VW Combi saja yang menjelajah, ada satu VW Combi lagi yang disulap menjadi gerai makanan yang menjual Taco. Kopi dan taco tampaknya dua hal yang menyenangkan untuk dinikmati bersama-sama. Mumpung mereka sedang ‘mangkal’ di Jakarta sebelum melanjutkan perjalanan kembali ke Bogor, Bandung, Purwokerto, Yogyakarta, Malang, Surabaya dan berakhir di Bali, kami pun mampir ngopi dengan suka cita.

Kami cukup takjub dengan antusiasme orang-orang terhadap Red Flover terbukti dari ramainya gerai kopi ini pada saat kami mampir. Di dalam VW Combi mesin espresso Rocket dan grinder Mythos siap memuaskan hasrat kafein para penikmat kopi. Mereka juga menyediakan menu berbasis espresso, coffee filter dan signature drinks yang dinamai Si Hitam Manis dan Bananas.

Kami sendiri mencoba secangkir caffe latte sambil menikmati langit Jakarta yang hari itu cukup bersahabat. Ada perasaan berbeda ngopi di gerai kopi yang sudah menjelajah banyak kota. Seru dan sangat terasa kehangatannya. Saat kami bertanya bagaimana mereka sampai ke Mendem Irenk, mereka mengatakan bahwa mereka menghubungi gerai-gerai kopi di tiap kota dan meminta izin untuk berjualan berdampingan. Dan benar saja, Mendem Irenk menjadi rekan sementara hingga 3 Maret nanti sebelum Red Flover menjelajah lagi.

Untuk yang sedang di Jakarta, tak ada salahnya mampir ke Red Flover dan merasakan sendiri keseruan ngopi di sini. Percayalah, mungkin rasa kopi bisa itu-itu saja, tapi pengalaman dan sensasi ngopi yang tak bisa sama. Dan untuk kamu yang berada di kota lain dan penasaran ingin mencoba ngopi di Red Flover juga, sila cek jadwal tur mereka di tiap kota di Instagramnya @redflover.co. Siapa tahu mereka singgah ke kotamu!

Red Flover Coffee

Jam Operasional: 17:00 – 23:59

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.