HAL-HAL KECIL YANG MEMENGARUHI KUALITAS GREEN BEAN

Kopi, bagaimanapun harus mendapatkan perlakuan khusus dalam setiap prosesnya. Termasuk green bean (biji kopi hijau) yang merupakan cikal bakal terlahirnya kopi enak.

SAYA pernah membahas mengenai cara menyimpan green bean pada artikel sebelumnya. Ternyata tak hanya faktor bagaimana cara menyimpan green bean saja yang penting, tetapi ada beberapa hal kecil dalam proses penyimpanan ini yang benar-benar harus diperhatikan. Karena beberapa faktor ini sangat memengaruhi kualitas green bean sebelum sampai pada proses penyangraian kopi.

Green bean bagaimana pun adalah fase kopi yang rentan dan rapuh. Berubahnya kualitas kopi di sini masih sangat besar kemungkinannya. Oleh karena itu, untuk kamu para roaster atau yang memiliki micro-roastery sebaiknya membaca beberapa faktor di bawah ini. Semoga membantu.

Perihal Hama

Biji kopi hijau (green bean) bisa saja terjangkit hama pada saat proses penyimpanannya. Seperti diketahui hama penyakit pada kopi bisa terjangkit bahkan saat kopi sudah menjadi biji hijau. Hama bisa hidup bersama green bean yang disimpan tidak benar dan pada suhu yang tidak tepat pula. Sebaiknya simpanlah green bean kamu pada karung dua layers yang biasa disebut dengan hermetic packaging. Bisa berupa karung plastik pada bagian dalam dan karung goni di bagian luar. Karena hal ini dapat mengurangi pertumbuhan hama bahkan bisa mematikannya karena hama tidak bisa hidup dalam ruang yang kedap. Hama yang hidup pada biji kopi akan membuat kecacatan pada biji kopimu.

credit : philzcoffee.files.wordpress.com

Kelembaban

Green bean tidak pernah tidur. Itu kenapa kelembaban pada green bean yang sedang beristirahat harus benar-benar tepat. Biji hijau yang tingkat kelembabannya terlalu tinggi akan menyebabkan berjamurnya green bean. Bisa dibayangkan bagaimana bahayanya kualitas kopimu jika jamur hinggap pada tiap biji hijau yang sudah kamu jaga baik.

Sedangkan jika tingkat kelembaban yang terlalu rendah sudah pasti akan membuat green bean menjadi kering sangat kering. Efek kering ini bisa menyebabkan berkurangnya aroma dan cita rasa yang ada pada kopi tersebut. Bisa terbayangkan bagaimana jika green bean dari Ninety Plus Coffee mengalami kekeringan dan lack of taste and aroma? Tingkat kelembaban ideal adalah 11 – 12,5 % meski ada juga yang menerapkan 10 – 10,5 %.

Suhu Ruang Penyimpanan

Menurut Sweet’s Maria yang dilangsir oleh perfectdailygrind.com, sudah pasti suhu ruang tempat biji hijau diistirahatkan memengaruhi kualitasnya kelak. Suhu ruangan yang tidak tepat memengaruhi kelembaban green bean itu sendiri. Oleh karena itu, sebaiknya suhu pada tempat penyimpanan biji hijau haruslah berada di sekitar 20′ – 25′ C jika disimpan pada karung goni biasa. Sedangkan jika disimpan pada hemetic packaging dua layers kemungkinan bisa bertahan di suhu -30′ – 90′ C. 

Foto utama dari goldenbeantrade.com

 

1,179 total views, 4 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.