HAL-HAL KELIRU SOAL DECAF COFFEE

Beberapa orang mengatakan decaf coffee adalah musuh dari kopi sebenarnya. Padahal pendapat ini mungkin berasal dari rumor tak benar soal kopi tanpa kafein itu sendiri. 

DULU sebelum saya mencoba decaf coffee, saya pikir kopi tanpa kafein ini adalah kekonyolan belaka. Bayangkan bagaimana kopi yang kehilangan kafeinnya. Bagaimana pula rasanya? Apakah kafein benar-benar akan mengubah nikmat kopi? Well, segala pikiran-pikiran buruk soal decaf coffee seketika sirna saat saya mencobanya. Decaf coffee ternyata sama seperti kopi pada umumnya. Pun rasanya tak buruk juga. Dan berdasarkan rumor soal decaf coffee ini, maka izinkan saya memaparkan kekeliruan yang terjadi di luar sana perihal kopi yang satu ini.

Decaf Coffee Tak Nikmat Rasanya

Jika decaf coffee yang kamu coba rasanya tidak enak, mungkin ini berasal dari kopi kualitas rendah, cara sangrai yang keliru serta cara seduh yang salah. Ketidaknikmatan kopi decaf bukan berasal dari proses decaffeinated. SAMA SEKALI TIDAK. Karena proses pelunturan kafein pada kopinya tidak memengaruhi rasanya.

Foto dari favim.com

Decaf Coffee Benar-Benar 100% Bebas Kafein

Namanya memang decaf coffee tapi bukan berarti kopi tersebut bebas kafein 100%. Bagaimana pun kopi takkan bisa benar-benar ‘bercerai’ dengan kafein yang ada pada dirinya. Decaf coffee hanya mengurangi kadar kafein dalam jumlah besar. Tapi sekian persen kafein masih tertinggal di decaf coffee tersebut.

Decaf Coffee Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Tidak benar. Meski beberapa  decaf coffee diproses dengan bahan kimia, tapi itupun tidak berbahaya dan aman dikonsumsi oleh peminum kopi. Decaf coffee sendiri memiliki tiga proses yang sebelumnya pernah kami bahas di sini PROSES DECAF COFFEE. Jadi jangan pernah takut mengonsumsi decaf coffee karena sama sekali aman untuk tubuh manusia.

Decaf Coffee Berasal dari Kopi Kualitas Rendah

Poin yang satu ini sudah jelas tidak benar. Decaf coffee sama seperti kopi berkafein tetap memiliki grade kopinya masing-masing. Ada yang berkualitas rendah dan ada yang berkualitas tinggi bahkan ada single origin-nya juga. Jadi jangan percaya jika decaf coffee hanya berasal dari kopi kualitas rendah saja.

Decaf Coffee Hanya Bisa Dinikmati dengan Kopi Hitam Saja

Salah. Bahkan Starbucks sendiri bisa membuat frappuccino dari decaf coffee. Selain itu decaf coffee bisa diseduh bermacam ragam. Mulai dari manual brew hingga espresso base. Mulai adri minuman panas hingga minuman dingin. Mulai dari tanpa sirup hingag dibubuhi sirup.

Foto dari 1zoom.net

Artikel disunting dari compass coffee dan situs lainnya.

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment
  1. Artikel yg bagus…. ??
    Salam kenal utk admin/owner Otten coffee.
    Saya tinggal di Bandung.
    Saya tertarik dg bidang kopi, Suka sekali minum kopi dan proses menyeduhnya secara manual.
    Saya beli alat2 kopi dr timbangan, grinder, kettle, pressan kopi dll sedikit demi sedikit akhirnya lengkap juga ……
    Pertengahan tahun ini saya akan pensiun dr bag IT sebuah bank Swasta Nasional setelah bekerja selama 35 tahun. Masa pensiun saya akan saya gunakan utk mencoba bisnis yg sesuai dg hobby dan passion saya, salah satu passion saya dlm bidang kopi, mungkin harus saya pelajari dulu, saya tertarik bidang roasting biji kopi dan buka cafe, tapi buka cafe kan butuh modal gede dan ada risiko tidak laku. Jadi saya rencana ingin coba roasting kopi dulu.
    Pertanyaannya :
    1. Apakah ada kelas tentang cara roasting ?
    2. Apakah ada kelas tentang cara menyeduh kopi ?
    3. Apakah Otten coffee berniat buka cabang di kota
    Bandung ?
    Demikian email dari saya, sekali lagi salam kenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published.