HAL-HAL YANG MUNGKIN INGIN KAMU TANYAKAN DI KEDAI KOPI

Kedai kopi adalah semesta kecil yang tidak semua orang tahu perihal hal-hal kecil yang terjadi dan dilakukan di sana.

AWAL menikmati kopi, ada ratusan pertanyaan yang singgah di kepala saat saya mampir di kedai kopi. Pertanyaan-pertanyaan ini ada yang saya tanyakan langsung pada teman-teman barista. Ada pula yang seiring waktu terjawab sendiri begitu saja. Tidak semua orang mengetahui hal-hal yang terjadi atau dilakukan di kedai kopi. Biasanya pertanyaan itu berlalu begitu saja meski tak jarang berdiam lama di kepala.

credit: unsplash.com

Artikel ini ditujukan untuk para pemula atau siapapun yang mungkin penasaran perihal hal-hal kecil  yang ada di kedai kopi. Berikut beberapa jawabannya!

Kenapa Cangkir Kopi Berada Di Atas Mesin Espresso?

Karena agar memudahkan para barista menjangkau cangkirnya saat ingin membuat kopi dengan lebih cepat. Kalau diletakkan di hatimu akan sulit menjangkaunya. Ha-ha-ha. Selain itu, agar senantiasa hangat. Jadi saat kopi diseduhkan suhunya akan tetap seimbang. Apalagi untuk negara-negara bersalju. Kopi yang hangat sangat diharapkan di cuaca dingin.

Kemana Semua Ampas Kopi di Kedai Kopi Dibuang?

Tidak semua ampas kopi dibuang kok. Beberapa kedai kopi mendaur ulang kembali ampas-ampas kopi miliknya. Ada yang dijual atau diberi kepada pihak ketiga yang memiliki bisnis produk kecantikan dan diolah menjadi scrub dan produk lain. Ada juga diolah menjadi pengharum ruangan dan pengharum mobil. Bahkan ada yang menjadikannya prakarya.

credit: pexels.com

Apakah Semua Barista Minum Kopi?

Kemungkinan besar pasti minum kopi. Karena harus mengkalibrasi kopi setiap pagi sebelum kedai dibuka. Namun apakah semua barista mencandu kopi? Jawabannya tidak. Ada yang menganggap barista adalah profesi saja. Meski lebih banyak barista yang juga pencandu kopi kelas berat. Tapi kalau minum, pastilah minum kopi!

Untuk Siapa Uang Tip yang Ada Di Kasir?

Kalau ini sepertinya kesepakatan. Tapi menurut beberapa teman barista, uang tip yang ada di kasir itu dibagi-bagi kepada pekerja yang di kedai kopi. Ada yang dibagi setiap sebulan sekali dan dua mingguan sekali. Tergantung kesepakatan masing-masing manajemen. Jadi bukan untuk kedai kopinya, ya!

credit: citynomads.com

Buat Kedai Kopi Itu Mahal?

Mahal dan murah tergantung oknumnya. Ada juga kedai kopi yang low budget dan tentunya menggunakan alat-alat kopi yang lebih ekonomis. Juga harus diperhatikan bahwa kedai kopi tak hanya soal alat kopi. Namun juga tempat, lokasi, gaji karyawan, listrik, air, WiFi dan remeh-temeh lain yang harus dipikirkan.

Inilah beberapa pertanyaan yang masuk kepada kami perihal kedai kopi. Kalau ada pertanyaan lain, di lain artikel akan kami jawab ya!

 

Foto utama dari prince-coffee-club

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.