Cafe & Travel

HALIA INC, SEBUAH PERSINGGAHAN DI DERMAGA

halia-inc


Sungai Malaka yang membelah kota penuh sejarah ini memang memberi keindahannya sendiri. Itu kenapa banyak orang yang memilih menelusuri sungai demi mendapatkan pengalaman yang berbeda.

ITU jugalah yang menjadi alasan saya kembali ke kota yang satu ini. Ada banyak sekali objek menarik yang menjadikan kota peninggalan Portugal ini nyaman untuk terus menerus didatangi. Bangunan-bangunan tua, menyusuri sungai dengan boat atau sekedar duduk dan menikmati manusia yang lalu lalang di sebuah kedai kopi yang tersebar di sana. Malaka bagaimana pun selalu berhasil membuat jatuh cinta.

halia-inc

Bicara soal kedai kopi, Malaka ternyata juga memiliki banyak sekali kedai kopi menarik dan memiliki konsep yang berbeda-beda. Gedung-gedung tua yang tersebar di beragam daerah disulap menjadi kedai kopi yang cantik. Salah satu kedai kopi yang kami singgahi adalah Halia Inc. Halia Inc adalah sebuah kafe dan kedai kopi yang letaknya strategis. Bagian belakangnya langsung menghadap ke sungai yang tak jauh dari dermaga. Sore hari bagian luarnya dipenuhi turis-turis yang ingin menikmati kopi dan senja.

Kami sendiri menemukan Halia Inc secara tak sengaja. Kafe ini memang sungguh menarik perhatian. Bagian depan eksteriornya terdapat mural dan bagian belakangnya menghadap bibir sungai. Seolah tak ingin ketinggalan dengan eksteriornya, bagian interior Halia Inc didesain dengan tema industrial minumalis yang cantik. Elemen kayu, bata dan warna-warna natural menjadi sebuah kesatuan yang cantik. Sebuah mesin espresso Kees Van Der Westen berdiri gagah di coffee bar, berjejer rapi dengan automatic grinder yang lebih dari satu jenis.

halia-inc

Setelah puas mengamati kedai kopi ini, kami pun memelajari menu. Karena seharian sudah puas berkeliling, maka sepertinya asupa kafein sungguh sangat diperlukan. Secangkir piccolo latte dan hot cappuccino menjadi pilihan paling tepat. Karena butuh camilan, Hawaiian Pizza dirasa pas untuk mengganjal perut yang tak lapar-lapar amat. Sambil menunggu pesanan datang mata rasanya masih jelalatan mengamati setiap sudut Halia Inc. Ruangannya yang tanpa sekat ini memberi kesan luas sekali. Jendela-jendela kaca yang besar memungkinkan kami melihat suasana luar tanpa perlu duduk berpanas ria di sisi luar.

piccolo-latte

Kopi yang dipesan pun datang. Meski tak berekspektasi apa-apa, ternyata piccolo latte yang saya teguk enak sekali. Jarang-jarang saya mencicipi piccolo latte yang enak karena menu yang satu ini biasanya sangat tricky saat dibuat. Keseimbangan espresso dan susu melebur dinamis, nikmat dalam sekali teguk. Untuk mereka yang menginginkan makanan besar saat mampir ke sini, jangan khawatir karena Halia Inc memiliki banyak menu makanan mulai dari pasta, pizza hingga western food lainnya.

halia-inc

Kalau dilihat-lihat, Halia Inc ini adalah peleburan antara restoran, kafe dan kedai kopi. Ketiga unsur ini bersatu dengan sempurna sehingga menjadi tempat nongkrong yang nyaman dan mampu memenuhi kebutuhan para pengunjungnya. Bagian terbaik lagi adalah tak seperti restoran kebanyakan yang menu kopinya tak dipikirkan dengan baik, Halia Inc benar-benar memberi rasa kopi yang nikmat karena diracik dengan begitu baik dari baristanya. Lain kali kalau mampir ke Malaka Halia Inc adalah salah satu persinggahan yang tak mungkin saya lewatkan. Pemandangan indah, tempat nyaman, makanan dan minuman enak adalah tiga elemen yang menjadi alasan untuk kembali lagi ke sini.

 

Halia Inc. Restaurant and Coffee Bar

No 1 Jalan Merdeka

Quayside Heritage Centre

75200 Melaka

Malaysia

 

mesin-espresso

19,309 total views, 5 views today

You Might Also Like

No Comments

Leave a Reply