Hario Syphon Coffee Maker

Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menyeduh kopi yang kita inginkan. Selain itu, banyak juga coffee maker yang bisa kita gunakan untuk menghasilkan seduhan kopi yang memiliki aroma yang kuat dan citarasa yang nikmat. Salah satu coffee maker yang bisa kita gunakan untuk menghasilkan rasa dan aroma kopi yang nikmat adalah syphon coffee maker (Hario) yang merupakan coffee maker keluaran Hario. Desain coffee maker ini tidak biasa karena terdiri dari beberapa bagian yakni tempat kopi dan dudukannya, kontainer air, tungku api dan penutup tungkunya.

Desain coffee maker ini memilki keunikan tersendiri sehingga keunikan desain tersebutlah yang menjadikan orang ingin mencicipi kopi yang dibuat menggunakan coffee maker keluaran Hario. Coffee maker ini memiliki dua bagian utama diantaranya yaitu kontainer air yang terdapat pada bagian bawah dan tempat kopi yang berada pada bagian atasnya. Alat ini menggunakan pemanas api yang bahan bakarnya dari spirtus, selain itu, alat tersebut dilengkapi dengan penutup tungku api yang bisa difungsikan untuk mematikan apinya.

siphon_kopi_hario

Sistem kerja dari coffee maker ini sebetulnya tidak berbeda. Sistem kerjanya berawal dari tekanan uap air pada bagian kontainer air dan akan masuk ke pipa kecil (funnel) yang akan mengalirkan air panas menuju tempat kopi. Di bagian tempat kopi tersebut terdapat seperti filter yang tentunya memiliki fungsi untuk menyaring ampas dari kopi itu sendiri sehingga kopi akan turun dan dan kembali ke kontainer bawahnya ketika api dimatikan.

Coffee maker yang memiliki gaya art deco ini memang cukup ribet dalam penggunaannya, Anda membutuhkan kurang lebih 15 menit untuk dapat menikmati kopi yang Anda inginkan. Tentunya hal tersebut bertolak belakang dengan para pecinta produk coffee maker dari Hario ini. Mereka pasti sangat menyukai proses-proses dan ritual yang terjadi saat membuat kopi menggunakan coffee maker dari salah satu merk produk Hario.

hario_syphon_coffee_maker

Untuk rasa dan aroma hal tersebut kembali kepada para penikmatnya sendiri. Mungkin bagi orang yang tidak terlalu menyukai penggunaan coffee maker tersebut akan merasakan seduhan kopi yang terasa biasa saja dan hal tersebut akan berbeda dengan mereka yang mencintai produk coffee maker tersebut. Bagi orang-orang yang mencintai produk syphon coffee maker (Hario) pasti akan merasakan kopi yang dibuat menggunakan alat tersebut terasa lebih nikmat dan aroma yang kuat menyeruak di hidung.

Dalam penggunaannya sendiri, coffee maker ini membutuhkan ketelitiaan dan kesabaran yang ekstra,selain waktu yang dibutuhkan kurang lebih sekitar 15 menit hingga Anda mendapatkan hasil kopi yang Anda inginkan, alat ini juga termasuk alat yang mudah pecah karena bahan utama penyusun coffee maker tersebut adalah kaca.

Untuk bubuk kopinya sendiri, sebaiknya ketika Anda akan menggunkan coffee maker ini minimal Anda menggunakan bubuk kopi dengan tingkat kehaluasn medium.

Cara Menggunakan Hario Syphon Coffee Maker

Penggunaan coffee maker ini memang memiliki perbedaan tersendiri dalam menghasilkan kopi yang Anda inginkan. Prosesnya memang tak semudah seperti menggunakan alat seduh kopi dengan metode dripper ataupun alat kopi lainnya. Desain yang unik menjadikan proses pembuatan kopi menggunakan coffee maker ini terasa lebih menarik.

Butuh kesabaran dan ketelitian yang lebih agar kopi yang dihasilkan memiliki citarasa yang sempurna. Selain itu, kesabaran dan ketelitian sangat diperlukan. Berikut cara membuat kopi dengan menggunakan alat dari Hario tersebut:

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan air dan dimasukkan ke dalam kontainer air yang terdapat pada bagian bawah coffee maker tersebut. Air yang di isi kedalam server boleh dengan air dengan suhu ruang ataupun air panas. Air panas lebih mempercepat proses pemanasan saat menggunakan burner.

hario_coffee_maker

Selanjutnya pasang filter ke kontainer bagian atasnya.

pasang_filter_pada_syphon_coffee_maker

Setelah terpasang jangan lupa kaitkan kebagian bawah funnel, agar filter tidak terlepas pada saat brewing.

jual_alat_kopi_syphon_termurah_di_indonesia

Setelah filter terpasang, masukkan kontainer bagian atas keserver bagian bawah. Sekarang siap untuk melakukan ritual brewing dengan Syphon.

manual_brewing_syphon_method

Kemudian masukkan bubuk kopi dengan tingkat kehalusan medium ke dalam kontainer tersebut secukupnya sesuai dengan selera Anda tentunya.
Biasanya kami menggunakan ratio kopi 1:15 (1gram kopi dengan 15ml air)

masukkan_bubuk_kopi_kedalam_syphon

Langkah selanjutnya adalah menyalakan api dari alat pemanas berbahan bakar spirtus yang berada di bagian bawah kontainer air. Atur panjang sumbu sehingga api tersebut dapat menyentuh bagian bawah dari kontainer air. Untuk review ini kami menggunakan mini gas burner yang dijual terpisah, untuk mempercepat proses brewing.

mini_gas_burner

mini gas burner

pasang_burner_kebawah_syphon1

Hario Syphon Next NXA-5

Langkah selanjutnya Anda perlu menunggu hingga proses pemanasan terjadi sehingga akan terjadi tekanan pada air dan air tersebut akan naik ke funnel.

syphon_coffee_maker_indonesia

Ketika air habis terangkat segera aduk kopi dengan perlahan dan diamkan 30 detik.

siphon_syphon_coffee_kopi

Matikan api dengan cara menutupnya dengan tutup tungku api. Selanjutnya kopi akan mengalir ke bagian bawah coffee maker tersebut.

syphon_hario

Setelah selesai mengalir keserver, cabut container bagian atas.

lepaskan_syphon_bagian_atas
Tuang kopi ke dalam cangkir dan kopi siap untuk Anda nikmati.

kopi_siap_dinikmati_dari_hario_syphon_coffee_maker

Proses ritual menggunakan syphon coffee maker (Hario) ini tergolong sangat unik dan menyenangkan, bagi para pecinta produk coffee maker tersebut, mereka akan menikmati setiap proses yang berlangsung, karena kesabaran dalam menunggu dan ritual yang unik itulah yang akan menjadikan kopi terasa lebih nikmat ketika dinikmati.

mau beli syphon

4,414 total views, 10 views today

4 Comments
  1. Helpful information. Lucky me I discovered your website
    unintentionally, and I am shocked why this coincidence didn’t happened earlier!
    I bookmarked it.

  2. Hello it’s me, I am also visiting this web page regularly, this web site is truly nice and the viewers are truly
    sharing good thoughts.

  3. An impressive share! I have just forwarded this onto a co-worker who has been conducting a little homework on this.
    And he in fact ordered me lunch due to the fact that I discovered it for him…
    lol. So let me reword this…. Thank YOU for the meal!!
    But yeah, thanks for spending time to talk
    about this topic here on your web site.

Leave a Reply

Your email address will not be published.