HINDARI HAL INI KETIKA BERKUNJUNG KE KEDAI KOPI

Kedai kopi tentunya tempat banyak orang menikmati sajian kopi favorit mereka, faktanya kedai kopi tidak hanya sekadar tempat minum kopi.

SEMAKIN marak kedai kopi dengan berbagai rupa mengusung konsep interior yang menarik, dari mulai konsep kekinian hingga menawarkan suasana minum kopi layaknya di rumah. Bahkan hampir di tiap kota kedai kopi selalu ada, menjadi destinasi para penikmat kopi untuk sekadar menghabiskan waktu atau melakukan janji temu. Kedai kopi tidak lagi hanya menjadi pemuas hasrat minum kopi, kedai kopi kini berperan sebagai wadah sosial tempat segala hal perbincangan.

Kedai kopi sebagai wadah sosial setidaknya pernah saya rasakan, awalnya kebiasaan ke kedai kopi adalah pelarian untuk menyendiri, namun semakin hari malahan bertemu dengan kenalan baru di kedai kopi. Maka kedai kopi berhasil sebagai wadah sosial, namun bukan berarti tidak ramah untuk mereka yang ingin menyendiri. Maka sabagai sesama pengunjung pun perlu menjaga etika, apa lagi pengunjung yang menjadikan kedai kopi sebagai titik temu.

Tips Etika Berkunjung ke Kedai Kopi

Secara sederhana, ketika kamu berkunjung ke kedai kopi jangan lakukan hal yang ketika suatu hal tersebut menimpamu, kamu merasa tidak nyaman karenanya. Sedikit tips secara umum apa yang harus kamu hindari karena bisa mengganggu pengunjung lain di kedai kopi.

Duduk di kedai kopi tanpa memesan apa pun. Beberapa orang yang berkunjung ke kedai kopi, sering melakukan hal ini tanpa mereka sadari. Apakah berkunjung karena ingin melakukan pekerjaan di laptop mereka atau melakukan janji temu di kedai kopi, ada saja beberapa pengunjung yang ketika ditanya pesanannya menjawab “nanti ya sebentar lagi”, “nanti ya menunggu teman datang”. Biasakan jangan duduk jika tidak pesan apa pun ketika mengunjungi kedai kopi, harga pengunjung lain yang datang dan memesan hanya untuk mendapatkan meja ternyaman mereka di kedai kopi.

credit: unsplash.com

Berisik sehingga mengganggu pengunjung sekitar kamu. Sememangnya kedai kopi adalah wadah sosial, namun bukan berarti kamu bisa menciptakan kebisingan yang berpotensi mengganggu. Jika sedang mendengarkan musik dari laptop kamu, sebaiknya menggunakan earset. Suara obrolan kamu dengan temanmu jangan sampai mengganggu pengunjung lain, pelankan suara ketika mengobrol.

Meletakkan barang bawaan di kursi. Jika berkunjung ke kedai kopi sendirian, pastinya ada kursi kosong di meja kamu, karena umumnya satu meja untuk dua kursi. Pada kondisi kedai kopi yang ramai pengunjung, kekurangan kursi kadang sering terjadi tidak ada salahnya kamu menawarkan kursi kosong di meja kamu, bukan meletakkan barang bawaan di kursi itu.

credit: citynomads.com

Tidak sabar menunggu pesanan. Sajian kopi diseduh dengan sungguh oleh para barista, kadang intensitas pengunjung yang ramai membuat antrian pesanan, sehingga pesanan kamu menjadi lama. Lihatlah kondisinya, dan bersabar menanti pesanan sajian kopi yang akan dibuat untuk kamu.

Terlalu asyik di meja sendiri. Kadang kamu merasa tidak ada persahabatan dari kenalan di kedai kopi, sehingga terlau asyik sendiri di meja kamu. Bahkan, menjadi berantakan karena beberapa sampah makanan dari dalam tas kamu. Sedikit menebarkan senyum dan obrolan ramah seperlunya dengan pengunjung lain di sebelah meja kamu tidak ada salahnya.

Pengalaman kamu berkunjung ke kedai kopi umumnya akan menciptakan etika yang perlahan kamu sepakati. Seperti harus mengucapkan terimakasih ketika pesanan diantarkan, atau memberikan tips ke pelayan. Pernahkah kamu mengalami ketidak-nyamanan dari pengunjung lain atau pengalaman menarik yang dari pelayan kedai kopi? Selamat menikmati sajian kopi kamu hari ini.

sumber
thespruce.com what not to do in a coffee shop
pexels.com img Quang Nguyen Vinh

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.