HONORE DE BALZAC: PENULIS YANG MINUM 50 CANGKIR KOPI PERHARI

Tubuh manusia memiliki batas dalam menerima asupan kafein harian. Namun sejarah mencatat bahwa ada satu manusia di muka bumi yang minum 50 cangkir kopi setiap hari.

DIALAH Honore de Balzac, seorang penulis terkemuka asal Perancis yang tercatat sejarah sebagai manusia dengan rekor meminum kopi terbanyak dalam sehari. Selama 25 tahun, Honore de Balzac diketahui mengonsumsi 50 cangkir kopi setiap harinya. Ini tentulah sangat tidak lazim bagi manusia. Apalagi menurut riset dan penelitian, tubuh manusia normal hanya mampu menerima asupan harian kafein sebanyak 400 miligram atau setara 4-5 cangkir kopi perhari.

Berbeda dengan Honore de Balzac yang semasa hidupnya sangat mencandu kopi ini. Dia mengatakan bahwa kopi membantunya melahiran karya-karya besar. Penulis yang merupakan salah satu pelopor Gerakan Realisme pada literatur Perancis ini mengungkapkan bahwa kopi dan menulis adalah dua hal yang membuatnya bergairah dalam menjalani hidup. Tanpa keduanya dia takkan mungkin mampu menghasilkan 8 naskah drama, 12 novela, 18 cerita pendek dan 47 novel.

Honore de Balzac yang juga dikenal sebagai inspirator para penulis besar seperti Charles Dickens dan Karl Marx mengaku kopi membantunya untuk fokus dan menjadi versi terbaik darinya. “Coffee roasts you inside,” begitulah yang kerap dia katakan ketika ada yang bertanya kenapa dia kerap minum kopi dengan dosis yang begitu banyak. Untuknya kopi bekerja demikian hebatnya. Memberi sensasi pada otot, tubuh, pikiran dan segalanya sehingga dia mampu menghasilkan karya-karya realistis yang mengagumkan.

Salah satu karya Honore de Balzac yang paling terkenal adalah The Pleasures and Pains of Coffee yang bercerita tentang kecintaannya dan perjuangannya dalam mencintai dan menikmati kopi-kopi yang nikmat. Seumur hidupnya Honore de Balzac dikenang sebagai seseorang yang gila kerja dan hidup berdampingan dengan kecanduannya mengonsumsi kafein. Para peneliti percaya bahwa kafein merupakan salah satu penyebab kematian Honore de Balzac karena ditemukan kerusakan pada beberapa organ tubuh akibat terlalu dipaksa bekerja, tidak pernah beristirahat dan kerap akrab mengonsumsi kafein secara ekstrim.

Artikel disunting dari wikipedia, urbigenous, wakacoffee

Foto dari wakacoffee

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.