HOPPENWORTH & PLOCH FRANKFURT

Industri coffee specialty telah merebak ke seluruh Jerman. Seperti pendahulunya Berlin dan Hamburg, kini Frankfurt juga telah ditumbuhi geliat kedai kopi yang tak kalah serunya.

Penampakan coffee bar kedai kopi ini.
Penampakan coffee bar kedai kopi ini.

ADALAH sebuah kedai kopi kecil di Jalan Friedberger Landstraße Frankfurt yang menjadi salah satu tujuan pencinta kopi yang juga menjadi tujuan kami kemarin ketiga menyambangi kota ini. Kedai kopi ini tak luas, tapi memberi perasaan nyaman dan betah yang tak dibuat-buat. Suasana tenang dan interior industrial nan simpel dan sedap dipandang menjadi kesan pertama ketika kami memasuki coffee shop yang ternyata hanya memekerjakan satu orang karyawan yang merangkap barista dan waitres.

Rak penuh kopi dan gantungan jaket tersusun rapi,
Rak penuh kopi dan gantungan jaket tersusun rapi,

Matthias Hoppenworth and Julian Ploch adalah dua nama di balik coffee shop ini. Mereka adalah sepasang sahabat yang memiliki passion besar terhadap kopi. Kedai kopi ini pertama kali berdiri tujuh tahun yang lalu. Dengan keyakinan dan keseriusan Matthias dan Julian, hingga saat ini coffee shop miliknya telah bertahan dan menjadi salah satu kedai kopi terbaik di Frankfurt.

Sang barista menyeduh kopi dengan V60.
Sang barista menyeduh kopi dengan V60.

Kedai kopi ini terdiri dari sebuah meja besar tempat para pendatang berbagi meja. Di sisi pintu masuk ada gantungan coat tempat para tamu menggantungkan jaket mereka di musim dingin. Pada coffee bar-nya berdiri gagah mesin espresso 3 Group La Marzocco Linea and automatic grinder Mahlkoenig Twin yang menjadi jagoan untuk menghasilkan kopi nikmat.

Roaster machine berdiri gagah di ruang roasting.
Roaster machine berdiri gagah di ruang roasting.

Tak hanya itu, mereka juga menyangrai sendiri kopi-kopi yang disajikan di kedai. Sebuah mesin roasting 5 kilo terduduk manis di ruang roasting yang bisa terlihat dari ruang utama. Oh iya, banyak berkarung-karung green bean yang ditumpuk di sudut-sudut kedai. Menambah suasan “lebih kopi” di kedai ini.

Jajaran kopi-kopi enak.
Jajaran kopi-kopi enak.

Kami sendiri memesan kopi Bokasso Ethiopia dan Las Nubitas El Savador Red Bourbon dengan metode manual brew V60. Sebuah pilihan tepat untuk memulai hari. Karena belum sarapan saya juga sempat mencicipi chocolate waffle yang pas manisnya untuk mengimbangi cita rasa single origin yang baru diseduh. Coffee shop ini ternyata cukup lengkap menyediakan alat seduh manualnya. Terbukti dari jejeran V60, french press, Aeropress yang tersusun manis di coffee bar-nya. Oh iya, khusus untuk manual brew, Hoppenworth & Ploch juga memiliki Marco Über Boiler. Jadi proses seduh menyeduh bisa dilakukan dengan lebih mudah.

Waffle dan kopi pasangan serasi untuk memulai hari.
Waffle dan kopi pasangan serasi untuk memulai hari.

Keseluruhan kedai kopi yang asik ini tak lengkap rasanya jika tak membawa pulang biji-biji kopi yang bisa diseduh di rumah. Kami saja memborong tiga pack kopi untuk oleh-oleh di rumah. Jika kamu mampir ke Frankfurt, jangan lewatkan kedai kopi menyenangkan yang satu ini. Selain nyaman untuk nongkrong, rasa kopinya juga membuat hati tersenyum tentram.

Hoppenworth & Ploch

Rotlintstraße 48, 60316 Frankfurt

 green-bean

184 total views, 2 views today

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.