HOUSE BLEND: SEBUAH FONDASI DARI SEBUAH KEDAI KOPI

Setiap kedai kopi, pastilah menjual menu yang nyaris sama. Yang membedakan menu-menu espresso base itu adalah espresso blend mereka.

BEBERAPA orang menyebutnya dengan sebutan house blend. Sebuah biji kopi racikan yang menjadi fondasi minuman espresso dan turunannya. Kita semua tahu bahwa setiap kedai kopi pastilah menjual menu kopi yang hampir-hampir mirip. Di ranah espresso pasti ada espresso, cappuccino, caffe latte, mochacino, macchiato dan lain-lain baik panas maupun dingin. Di ranah filter coffee biasanya menyajikan ragam pilihan single origin yang bisa dinikmati bergantian.

credit: wired

Paling-paling yang membedakan satu kedai kopi dengan lainnya adalah signature drinks yang diciptakan untuk menarik pelanggan. Namun menurut saya (dan beberapa orang yang ahli di perkopian ini), setiap kedai kopi harus memiliki house blend-nya sendiri. House blend atau espresso blend ini diracik sedemikian rupa oleh roaster dan bisa owner-nya sendiri agar espresso dan menu turunannya menciptakan karakter rasa berbeda yang tak bisa ditemukan di kedai mana pun.

Coba kamu melakukan riset kecil-kecilan. Pergilah ke beberapa kedai kopi dan coba espresso atau cappuccino di tiap tempat itu. Apakah rasanya sama satu dengan lainnya? Kemungkinan sama sangat jarang karena mereka memiliki ciri house blend yang berbeda. Susu bisa sama, mesin kopi bisa sama, tapi house blend sebagai fondasi minuman kopi tentu tidak sama. Ya, meskipun tangan barista berperan juga dalam masalah meracik kopi ini.

Jika kamu berniat membuka kedai kopi atau warung kopi sederhana, pikir lagi jika ingin membeli house blend dari sebuah kedai kopi atau roastery yang sudah ada. Kedai kopi kamu tidak akan otentik dalam urusan rasa espresso-nya. Ini memang terdengar sepele, tapi untuk saya ini adalah hal besar yang harus dipertimbangkan.

House blend sendiri bisa kamu ciptakan sesuai dengan seleramu. House blend bisa terdiri dari sekian persen arabika dan sekian persen robusta jika kamu ingin espresso-mu tak kehilangan ‘nendangnya’. Atau kamu bisa menggunakan 100% arabikan dari berbagai single origin yang menimbulkan sensasi unik di tegukan. Atau kamu bisa juga menggunakan single origin yang disangrai dengan level tertentu. Semua terserahmu saja.

Namun ingatlah hopper mesin penggiling kopi untuk espressomu harus diisi dengan house blend racikan rahasia. Yang tak bisa ditemukan orang di mana pun. Hanya di tempatmu saja. Sejauh ini, house blend dari kedai kopi mana yang menurutmu paling istimewa?

 

Foto utama dari market-inspector

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.