HUBUNGAN ANTARA MIGRAIN DAN KOPI

Untuk beberapa orang kopi lebih dari sekadar minuman untuk memulai hari. Kopi adalah ‘obat’ yang mampu menyingkirkan beragam nyeri.

SAYA sendiri mengaku bahwa kopi memberi efek yang menyenangkan untuk tubuh saya. Di pagi hari, sebelum memulai kegiatan setidaknya saya membutuhkan secangkir kopi agar bisa ‘berfungsi’ dengan baik. Tanpa kopi, saya akan sulit konsentrasi, susah fokus dan yang lebih menjengkelkan lagi saya bisa mendadak migrain.

Namun benarkan kopi bisa mencegah kita dari migrain? Migrain sendiri memiliki banyak faktor. Mereka yang mengalami migrain mengaku bahwa tidak minum kopi bukanlah satu-satunya penyebabnya. Ada beberapa faktor penyebab migrain seperti yang dipaparkan oleh situs healthline.com antara lain penyakit bawaan, alkohol, kurang istirahat, sedang berpuasa, perubahan hormon dan banyak lagi.

Namun memang benar bahwa kopi dengan kandungan kafeinnya memang bisa meredakan migrain dan beragam nyeri sakit kepala lainnya. Kenapa hal tersebut bisa terjadi? Menurut situs kesehatan healthline.com, tubuh kita bereaksi sesaat kita mengonsumsi kopi. Kafein yang terkandung di dalam kopi mempersempit pembuluh darah kita. Dengan sifat vasokonstriktif yang ada pada kafein, secara otomatis membatasi aliran darah yang mengalir. Dan itu menyebabkan berkurangnya rasa nyeri.

Tak hanya itu juga, banyak obat antinyeri yang memang mengandung kafein sehingga berefek sama menghilangkan rasa nyeri. Namun kafein pada kopi terasa lebih sedap ketimbang minum obat untuk sekadar meredakan migrain, bukan?

Namun selain menjadi penyembuh migrain, ternyata kopi juga bisa menjadi pemicu timbulnya migrain itu sendiri. Hal itu terjadi karena kafein memiliki sifat adiktif yang jika tidak dikonsumsi bagi para pecandu kopi, maka migrain akan muncul mendadak karena tubuh menginginkan asupan kafein yang memang sudah rutin diterima tubuhnya.

Dengan kata lain, kamu harus menikmati kopi dengan cara yang benar dan sehat agar tak terjangkit migrain seperti yang dipaparkan di atas. Meski begitu kamu juga harus tahu bahwa mereka yang tidak meminum kopi juga bisa kena migrain karena kopi bukanlah satu-satunya penawar dan pemicu migrain itu sendiri.

 

Artikel disunting dari healthline.com

 

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.