IDE BISNIS KOPI SAAT PANDEMI

Berbisnis di masa pandemi yang belum tahu kapan selesainya ini ibarat berjudi. Kamu harus cermat, hati-hati dan pintar mengambil peluang.

SAMA halnya jika ingin berbisnis di industri kopi. Pandemi sudah memorakporandakan banyak ladang bisnis salah satunya di industri kopi. Meski kini sudah mulai membaik, di awal pandemi seperti Maret dan April 2020 kemarin banyak rekan seperkopian yang menggeluti bisnis kopi mengeluh karena pendapatan yang sangat menurun. Kini bisnis kopi mulai pelan-pelan bangkit meskipun menurut beberapa sumber belum sampai pulih 100%. Tapi titik terang sudah perlahan terlihat.

Meski begitu bukan berarti kamu tidak bisa memulai bisnis di industri kopi di saat pandemi ini. Jika kamu tertarik terjun ke industri kopi dan nekat di era pandemi ini, disarankan untuk tidak mengambil resiko dengan memilih modal besar. Pilihlah beberapa peluang bisnis kecil yang bisa menghasilkan uang tapi resikonya kecil. Seperti beberapa ide berikut ini!

Kopi Botolan 

Bisnis rumahan kopi botolan cukup menarik untuk ditiru. Kamu bisa membuat sistem preorder terlebih dahulu sehingga takkan ada kopi yang tak laku. Meski terkesan sederhana dan pendapatannya tidak banyak, beberapa teman yang merintis bisnis ini cukup terbantu pendapatannya. Kamu bisa memulai jualan di lingkungan terdekatmu. Mulailah membuat akun media sosialnya. Jangan lupa racik menu kopi yang enak. Buat kemasan menarik dan harga yang bersaing!

Dropship Alat Kopi

Banyak orang yang berhasil mendapatkan penghasilan tambahan dengan menekuni bidang dropship ini. Kamu pun bisa dengan mudah berbisnis tanpa modal. Cukup dengan membeli barang melalui supplier dan distributor. Tidak perlu mengeluarkan modal untuk stok barang. Coba pelajari mengenai dropship ini khususnya di bidang penjualan alat dan biji kopi. Sungguh sebuah lini bisnis yang menjanjikan!

Menjual Biji Kopi

Berminat menjadi penjual biji dan bubuk kopi tapi tidak punya modal untuk membeli penyangrai kopi? Tenang, ini saatnya kamu bekerja sama dengan penyangrai lokal yang bisa membantu kamu mewujudkannya. Tinggal minta roaster favoritmu untuk menyangraikan kopi untukmu dan bayar sesuai kesepakatan. Lalu kamu buat merek kopimu sendiri dan pasarkan di market place ataupun media sosial. Kalau takut tidak ada yang membeli kamu bisa buka sistem preorder terlebih dahulu, kan? 

Bagaimana? Tertarik memulai usaha di bidang kopi meski sedang pandemi? Ikuti saja ide yang kami bagi di atas ya!

 

Foto utama dari pexels.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.