IDENTIFIKASI SHOT SAJIAN ESPRESSO DENGAN BOTTOMLESS PORTAFILTER

Untuk membuat espresso yang nikmat katanya harus dibuat dengan perhitungan yang teliti, benarkah? Bisa jadi demikian, karena untuk membuat sajian manual brew pun harus memiliki rasio tepat agar seduhan kopi memiliki ekstraksi yang optimal. Begitu juga dengan membuat espresso, dan tidak luput juga harus memperhatikan portafilter yang digunakan.

PADA dasarnya sekilas apa pun portafilter yang digunakan tampak sama, dengan pegangan yang tidak jauh berbeda, hanya pada bagian bawah saja yang berbeda tempat di mana espresso mengalir ke cangkir. Ada portafilter yang memiliki 1 spout ada juga 2 spout, bahkan ada juga yang tidak menggunakan spout yang biasa dikenal dengan bottomless portafilter atau naked portafilter. Portafilter yang menggunakan 1 spout umumnya digunakan untuk sajian espresso untuk 1 orang saja, dan portafilter 2 spout dalam satu kali seduhan bisa menyajikan 2 cangkir espresso. Nah, lalu bagaimana dengan bottomless portafilter, apa istimewanya menggunakan portafilter tanpa spout ketika membuat espresso. Dan ternyata dengan menggunakan bottomless portafilter, kita dapat mengidentifikasi bubuk kopi yang dilalui air seduhan ketika proses ekstraksi.

side channeling | img: ineedcoffee.com

CHANNELING
Istilah ini merupakan sebutan ketika aliran air yang mengaliri bubuk kopi pada basket ternyata tidak mengalir secara menyeluruh, dan menemukan celah yang berongga pada bubuk kopi yang telah ditamping. Hal ini bisa jadi karena tamping yang kurang presisi atau bubuk kopi yang terlalu berlebih. Dengan melihat aliran kopi yang keluar dari bottomless portafilter maka kita dapat mempelajari apa yang kurang ketika membuat espresso.

blonding shot dengan masalah lain | img: ineedcoffee.com

BLONDING
Sebutan ini ketika air seduhan mengekstraksi bubuk kopi, dan warna air espresso yang keluar dari bottomless portafilter menjadi warna kekuningan yang semula berwarna coklat. Dan biasanya hal ini terjadi karena espresso mengalami under extracted, dan karakter rasa dari kopi umumnya tidak keluar secara maksimal.

shot mirip corak macan, bukan berarti sebuah masalah | img: ineedcoffee.com

TIGER STRIPING
Apakah kondisi tiger striping sebuah masalah? Sebutan tiger striping adalah sebutan ketika aliran espresso yang keluar dari bottomless portafilter mengalir warna belang antara coklat dan agak kekuningan, konsisten dari awal ekstraksi hingga akhir ekstraksi. Dan tidak sepenuhnya sebuah masalah, tiger striping hanya istilah untuk menyebutkan kondisi air espresso yang mengalir, bisa disebabkan banyak hal, paling umum mungkin karena bubuk kopi yang diblend.

img: ineedcoffee.com
img: ineedcoffee.com

MULTIPLE STREAMS
Situasi ini muncul karena ada aliran ekstraksi lainnya pada bottomless portafilter, apakah itu hanya cipratan kecil di luar air jatuhan ekstraksi atau terekstraksi pada 2 aliran, dan kondisi ini disebut multiple streams. Jika dengan asumsi, mesin espresso sudah rata, maka kesalahannya hanya terletak pada seberapa padat bubuk kopi ditamping ketika air seduhan dialirkan. Mungkin tidak terlalu mengganggu pada rasa, namun belum bisa untuk dikatakan.

img: ineedcoffee.com

PERFECT SHOT
Ekstraksi yang sempurna dari bubuk kopi yang dialirkan air seduhan, dan ketika jatuh dari bottomless portafilter terlihat kental seperti madu jatuh ke cangkir. Dan bila melihat espresso yang jatuh ke cangkir, maka langsung membentuk crema di bagian permukaan, di mana crema inilah yang merupakan tanda bahwa espresso terekstraksi optimal.

Untuk latihan dan mengidentifikasi seberapa berhasil teknik kita untuk menyajikan espresso, dengan bottomless portafilter sangat membantu sekali dibandingkan dengan portafilter lainnya. Sebab jika menggunakan portafilter yang lain, tidak bisa dengan mudah mengidentifikasi aliran ekstraksi seperti menggunakan bottomless portafilter.

src: fivesenses.com.au img: Silviu Agotici

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.