INFUSED WATER DARI BIJI KOPI

Tren infused water tampaknya belum surut jua. Dan setelah buah-buahan segar yang dipilih menjadi bahan untuk minuman sehat ini, kini kopi pun bisa jadi salah satu pilihannya.

JANGAN salah, karena infused water yang menggunakan kopi ini bukanlah seperti cold brew. Ya, cold brew memang mirip infused water dengan menggunakan waktu perendaman dan ekstraksi lebih dari 7 jam. Tapi infused water yang dimaksud ini bukan menggunakan kopi yang sudah digiling, melainkan biji kopi utuh yang sudah disangrai.

Saya menemukan tren infused water yang menggunakan biji kopi ini dari beberapa situs kopi dan resep. Salah satu yang paling menarik adalah infused water coffee dengan menggunakan Vodka. Alih-alih menggunakan air biasa, situs uticacoffeeroasting.com menggunakan vodka sebagai campurannya. Mereka menggunakan mason jar dan merendam biji kopi yang ditumbuk kasar dengan vodka kurang lebih selama 48 jam. Dan setiap 12 jam mason jar tersebut harus dikocok agar merata. Wow ini bukan infused water untuk kesehatan ya, melainkan untuk pesta meriah tampaknya.

Sumber lain tentang infused water yang menggunakan biji kopi saya dapat dari seorang teman barista yang enggan disebut namanya. Dia mengaku menggunakan biji kopi dan air lemon yang dicampur beberapa tetes madu. Kemudian direndam bersama biji kopi selama 12 jam. Hasil yang didapatkan sangat segar dengan hints kopi yang jelas di tegukan. Menurutkan minuman ini bisa menjadi alternatif untuk mereka yang ingin ‘tendangan’ kopi tapi lebih suka rasa yang segar. Menarik juga!

Lalu apakah infused water dengan biji kopi ini bisa menggantikan cold brew? Menurut saya sih tidak. Peran cold brew takkan terganti, tapi kehadiran infused water dari biji kopi akan menambah variasi menu kopi kita dan menjadikannya lebih kaya. Di artikel selanjutnya mungkin kami akan bereksperimen membuat resep infused water dari biji kopi yang dicampur dengan bahan-bahan segar lainnya. Ditunggu ya!

Foto utama dari uticacoffeeroasting.com

 

Mustika Treisna Yuliandri

A girl who lives among words, world and wow-ness. A coffee-shop traveler and social media entusiast.

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.