INGIN BUKA USAHA KEDAI KOPI, PERHATIKAN KONSEP INI

Siapa sih yang tidak ingin punya kedai kopi sendiri, mungkin tiap pecinta kopi mengimpikannya.

APAKAH kamu termasuk salah satu dari sekian banyak pecinta kopi yang punya impian akan membuka usaha kedai kopi. Membangun sebuah merek kedai kopi sendiri dari awal, bahkan selagi operasional berjalan tidak henti untuk terus belajar tentang kopi. Malahan tidak sedikit para penikmat kopi memulai usaha kedai kopi dengan minim wawasan tentang kopi specialty.

Tidak ada salahnya jika memulai sebuah usaha kedai kopi sambil mempelajari semuanya. Dari mulai bagaimana mengelola keda kopi, menciptakan loyalitas para staf, hingga bagaimana menciptakan suasana menarik kedai kopi. Berikut ini sebuah tips yang saya temukan dari laman shopkeep.com , tentang beberapa hal yang harus ada pada sebuah kedai kopi.

Konsep kedai kopi yang mudah dimengerti oleh banyak orang, menjelaskan seperti apa pengunjung yang minum kopi di sana. Sebabnya sebelum menentukan konsep seperti apa yang diterapkan pada kedai kopi, baiknya mengetahui target pengunjung yang berkunjung di kedai kopi kamu.

RUANG KEDAI KOPI

Beberapa pengunjung mencari kenyamanan ketika mengunjungi kedai kopi favorit mereka, hanya saja indikator nyaman tiap orang tentu berbeda. Bahkan tidak sedikit yang memilih kedai kopi dengan ruang yang kecil dengan asumsi, pelayanan maksimal karena tidak ada jarak antara barista dan pengunjung. Namun, ada juga yang memilih ruang kedai kopi yang luas karena merasa nyaman dan tidak terganggu saat ramai pengunjung.

credit: unsplash.com

TAMPAK LUAR KEDAI KOPI

Seperti apa konsep pada outdoor adalah daya tarik dan sebuah identitas dari merek kedai kopi. Ada yang melengkapinya dengan plang merek ada juga yang melengkapinya tanpa plang merek. Bahkan meletakkan sebuah kursi dan meja kopi merupakan bagian dari daya tarik eksterior. Konsep kopi otentik akan lebih mengedepankan tekstur dinding yang akrab dipandang seketika.

credit: fundesign

PERALATAN KEDAI KOPI

Pemilihan peralatan kedai kopi merupakan salah satu pendukung menjelaskan konsep kedai kopi yang diusung. Kedai kopi yang menggunakan tema indie, seringnya memajang peralatan seduh kopi manual di bar mereka. Bahkan banyak juga yang memilih alat espresso manual yang unik untuk sebuah identitas kedai kopi. Peralatan kedai kopi erat kaitannya dengan ruang dan beberapa spot yang ingin ditampilkan di kedai kopi.

INTERIOR KEDAI KOPI

Dari mulai konsep tekstur dan warna dinding, suasana warna kedai kopi, bar dan banyak lagi, merupakan kesatuan dari interior. Ide interior yang unik akan mudah berkesan di ingatan pengunjung, dan secara tidak langsung menarik pengunjung lain. Fokus menciptakan interior yang menarik bukan hanya sekadar unik, tapi menjelaskan identitas dan target pengunjung kedai kopi.

 

SPOT DAN RUANG

Menentukan alur operasional kedai kopi tentu penting, tapi tak kalah penting menentukan alur pengunjung. Dari mana arah pengunjung datang, memesan dan duduk hingga pesanan diantarkan. Pada suasana kedai kopi yang ramai, alur pengunjung yang berhasil ketika semua pengunjung merasa nyaman walau pun kedai kopi ramai. Memastikan spot kosong tidak percuma di sudut ruang, bisa menggunakan sebuah pajangan berkaitan tentang kopi atau dengan meja pengunjung.

Ingin punya usaha kedai kopi sendiri, jangan khawatir untuk investasi jangka panjang untuk peralatan kedai kopi dan juga interior. Daya tarik kedai kopi bukan hanya sajian kopi yang nikmat, namun keseimbangan antara konsep interior dan juga peralatan kopi.

Dari sebuah interior kedai kopi, menurut kamu apa yang membuatmu kembali mengunjungi kedai kopi?

sumber:
shopkeep.com
pexels.com img oleh Quang Nguyen Vinh

No Comments Yet

Leave a Reply

Your email address will not be published.